PETA SOSIODIALEKTOLOGIS MADURA

Azhar, Iqbal Nurul (2014) PETA SOSIODIALEKTOLOGIS MADURA. In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” IV ISSN; 2088-6799, 18 November 2014, hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
9Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimanakah gambaran peta perbedaan leksikal BMmasyarakat berpendidikan dan masyarakat kurang berpendidikan di pulau Maduraberdasarkan perspektif sosiodialektologisnya? Metode penyediaan data adalah metode cakap serta metode simak. Pada tahap analisis data, dilakukan proses tabulasi data dengan mentukan apakah perbedaan yang ada merupakan perbedaan leksikal, atau perbedaan fonologis, atau tanpa beda. Hasil temuan menunjukkan bahwa jarak Kosakata (atau status sosiolek) antara KSB dan KSKB dalam satu Kabupaten di pulau Madura terbentang antara Beda Wicara sampai beda dialek. Latar pengenyaman pendidikan di luar daerah, memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kemunculan sosiolek baru di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Informasi-informasi dari media turut andil terhadap kemunculan sosiolek baru ini. Penguasaan kosakata bahasa Madura oleh rata rata KSB di Madura tingkatnya berada di bawah penguasaan kosakata Madura rata-rata KSKB. Meskipun demikian, tingkat penguasaan kosakata halus (Engghi-Enten/EngghiBhunten) KSB tingkatannya berada di atas penguasaan kosakata halus KSKB. Ditemukan pula dua belas korespondensi bentuk-bentuk linguistik seperti Metatesis, Geminat, Protesis, Kontraksi, Asimilasi, Dissimilasi, Penyusutan kluster, Apokop, dan Aferesis, Fortrisi, Paragog, dan Epentesis

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Madura, Varisi Bahasa, Sosiodialektologis, kelompok sosial berpendidikan, kelompok sosial kurang berpendidikan.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54586
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jul 2017 10:46
Last Modified:15 Feb 2018 10:44

Repository Staff Only: item control page