MENGUNGKAP NILAI KEARIFAN LOKAL DAN EKSISTENSI NAMA-NAMA MAKANANTRADISIONAL SUNDA BERBAHAN DASAR SINGKONG: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK DI KOTA BANDUNG

Nadelia, Febrina (2014) MENGUNGKAP NILAI KEARIFAN LOKAL DAN EKSISTENSI NAMA-NAMA MAKANANTRADISIONAL SUNDA BERBAHAN DASAR SINGKONG: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK DI KOTA BANDUNG. In: International Seminar “Language Maintenance and Shift” IV ISSN; 2088-6799, 18 November 2014, hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
9Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Tak dapat dielakkan lagi bahwa bahasa dan budaya memiliki hubungan yang erat. Masyarakat berbudaya dengan menggunakan bahasa, di sisi lain bahasa merupakan salah satu unsur budaya. Sama halnya dengan nama-nama makanan tradisional Sunda berbahan dasar singkong merupakan bagian dari budaya Sunda. Etnik Sunda memiliki makanan tradisional berbahan dasar singkong dengan berbagai cara pengolahan, bentuk, warna, rasa, dan penyajian. Penamaan makanan tersebut diantaranya berdasarkan proses, bentuk, dan abreviasi. Saat ini makanan tersebut jarang ditemukan dan diketahui oleh etnik Sunda yang berusia remaja. Hal ini memicu kekhawatiran nama-nama makanan tradisional Sunda berbahan dasar singkong akan hilang seiring sulitnya ditemukan jenis makanan tersebut. Berdasarkan hal itu, peneliti tertarik untuk menelaah nama-nama makanan tradisional Sunda berbahan dasar singkong, tujuannya untuk (1)mendokumentasikan nama-nama makanan tradisional Sunda berbahan dasar singkong, (2)mengungkap nilai kearifan lokal etnik Sunda melalui nama-nama makanan tersebut, (3)mengetahui eksistensi nama-nama makanan tersebut dari responden etnik Sunda berusia remaja. Penelitian ini menggunakan ilmu antropolinguistik dengan metode deskriptif kualitatif. Kota Bandung dinilai representatif untuk dijadikan tempat penelitian oleh peneliti.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:makanan tradisional Sunda, singkong, antropolinguistik
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54575
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jul 2017 09:25
Last Modified:15 Feb 2018 10:03

Repository Staff Only: item control page