ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA KASET PASAMBAHAN ADAT ALEK MARAPULAI BALERONG GRUP JAKARTA: SEBUAH KARAKTERISTIK KEARIFAN LOKAL ETNIS MINANGKABAU

Syamsurizal, Syamsurizal (2013) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA KASET PASAMBAHAN ADAT ALEK MARAPULAI BALERONG GRUP JAKARTA: SEBUAH KARAKTERISTIK KEARIFAN LOKAL ETNIS MINANGKABAU. In: International Seminar Language Maintenance and Shift III. ISSN: 2088-6799, 2-3 Juli 2013, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
3137Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan bentuk kesantunan, penanda kesantunan, serta ungkapan penanda kesantunan yang digunakan dalam pasambahan adat alek marapulai etnis Minangkabau dalam kaset Pasambahan Adat Alek Marapulai, Balerong Grup Jakarta. Penelitian kesantunan berbahasa pada kaset pasambahan adat alek marapulai ini didasarkan pada teori linguistik kebudayaan dan teori sosiopragmatik. Metode yang digunakan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik penganalisisan data, dan metode dan teknik penyajian hasil analisis. Data dikumpulkan dengan cara menyimak dan mengidentifikasi data yang terdapat dalam kaset pasambahan adat alek marapulai Balerong Grup Jakarta. Data yang terkumpul diklasifikasi berdasarkan jenis, bentuk, dan variabel penentunya. Berdasarkan hasil identifikasi yang penulis lakukan, bentuk kesantunan yang digunakan pada pasambahan alek marapulai versi Balerong Grup Jakarta meliputi bentuk tuturan asertif, direktif, dan ekspresif. Penanda kesantunan yang digunakan dalam pasambahan ini meliputi panjang pendeknya tuturan, urutan tuturan, dan gerak kinesik. Ungkapan penanda kesantunan yang digunakan adalah: toloang ‘tolong’, mintak ‘minta’ atau mintak toloang ‘minta tolong’, dan sahandakno atau nan sahandak-handakno ‘sebaiknya’, manitahlah, lalukanlah atau sampaikanlah.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Kesantunan Bahasa, Kearifan Lokal, Minangkabau
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54509
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jul 2017 14:50
Last Modified:05 Jul 2017 13:34

Repository Staff Only: item control page