PEDAGOFONOLOGIS SEBUAH KAJIAN FONOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN

Qosim , Muhammad Nanang (2013) PEDAGOFONOLOGIS SEBUAH KAJIAN FONOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN. In: International Seminar Language Maintenance and Shift III. ISSN: 2088-6799, 2-3 Juli 2013, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
3013Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, yang berupa bunyi-bunyi bahasa. Tujuan setiap ilmu untuk menjelaskan gejala-gejala atau fenomena yang terjadi pada alam dan masyarakat. Bunyi bahasa yang digunakan pendidik sebagai salah satu sebagai fenomena gejala kebahasaan yang perlu ditelaah dan dijelaskan. Hasil dari penjelasan itulah yang menjadi ilmu pengetahuan baru bagi manusia. Tulisan ini bertujuan untuk membuat konsep baru dan mengembangkan kajian fonologi sebagai sub disiplin ilmu Bahasa dengan Ilmu Pendidikan atau Pedagogik. Pedagofonologis merupakan istilah baru untuk membuat sebuah konsep tentang gejala kebahasan yang berkaitan dengan kajian bunyi bahasa pada ahli pendidik, serta untuk menelaah dan menjelaskan fenomena gejala bunyi bahasa pada dunia pendidikan. Prosesproses fonologis pada pendidik yang berupa fonetik auditoris yang melibatkan siswa dan pendidik, fonetik artikulatoris yang berupa artikulasi seorang pendidik untuk mengujarkan materi pelajaran, dan fonetik akustis. Hasil dari tulisan ini memberikan khazanah keilmuan dan ilmu pengetahuan tentang Linguistik, sehingga membuat gagasan baru dan memberikan solusi kepada dunia pendidikan pada bidang pengajaran untuk mencerdaskan siwa.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Pedagogi, Fonologi
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54458
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jul 2017 11:32
Last Modified:20 Feb 2018 12:14

Repository Staff Only: item control page