PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA SATUAN WILAYAH PEMBANGUNAN (SWP) II DAN III KABUPATEN PATI (Kecamatan Trangkil, Tlogowungu, Margoyoso, Gunungwungkal, Tayu, Cluwak, dan Dukuh Seti)

Abdallah, Fathan (2017) PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH PADA SATUAN WILAYAH PEMBANGUNAN (SWP) II DAN III KABUPATEN PATI (Kecamatan Trangkil, Tlogowungu, Margoyoso, Gunungwungkal, Tayu, Cluwak, dan Dukuh Seti). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Perencanaan Sistem Pengolahan Sampah SWP II dan III Kabupaten Pati ialah perencanaan pengolahan sampah yang terintegrasi antara pewaadahan, pengumpulan, pemilahan, dan pengangkutan dengan mempertimbangkan aspek pengurangan sampah atau 3R. Perencanaan Sistem Pengolahan Sampah SWP II dan III terbagi 2 bagian yaitu perencanaan pasar dan perencanaan non pasar. Perencanaan non pasar merupakan gabungan dari pelayanan domestik dan non domestik. Besar timbulan sampah domestik di daerah perencanaan ialah sebesar 1,93 liter/orang/hari dan 0,46 liter/orang/hari untuk timbulan non domestik sehingga total timbulan ialah sebesar 2,39 liter/orang/hari. Berdasarkan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Republik Indonesia tahun 2015-2019 menetapkan bahwa pelayanan perkotaan untuk air bersih, perumahan kumuh dan sanitasi untuk masing-masing ialah sebesar 100%, 0%, dan 100%. Karena pelayanan persampahan merupakan bagian dari sanitasi maka ditetapkan target pelayanan persampahan pada 2019 untuk wilayah perkotaan Kabupaten Pati ialah sebesar 100%. Sedangkan untuk 2020 hingga 2036, tingkat pelayanan persampahan berfokus kepada wilayah non perkotaan sebesar 15% di tahun akhir perencanaan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Untuk tingkat pelayanan pengurangan sampah atau 3R berdasarkan Peraturan Menteri nomor 1 tahun 2014 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 3 tahun 2013 menetapkan tingkat pelayanan 3R sebesar 20% hingga 40%. Jumlah TPS di SWP II dan III Kabupaten Pati berjumlah 5 buah terdiri dari 2 TPS non pasar dan 3 TPS pasar. Secara total tingkat pelayanan persampahan eksisting di SWP II dan III Kabupaten Pati sebesar 0,69% sehingga perlu diadakan sistem pengolahan sampah untuk meningkatkan sanitasi di SWP II dan III Kabupaten Pati untuk memenuhi target RPJMN. Kata Kunci : Pengelolaan, Sampah, Limbah Padat, Manajemen Persampahan, SWP, Aspek Persampahan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:54418
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jun 2017 11:11
Last Modified:22 Jun 2017 11:11

Repository Staff Only: item control page