METAFORA DALAM CERBUNG SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI GUNAWAN PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DAN RELEVANSINYA DENGAN BUDAYA JAWA

Priambada, Anang (2017) METAFORA DALAM CERBUNG SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI GUNAWAN PADA MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DAN RELEVANSINYA DENGAN BUDAYA JAWA. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1721Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi jenis-jenis metafora, daya metaforis, dan relevansi ungkapan metaforis yang ditemukan pada sumber data dengan kebiasaan atau kebudayaan Jawa. Data penelitian berupa ungkapan metaforis yang didapatkan dari cerita bersambung pada majalah panjebar semangat (edisi 37 s/d 52, Th. 2012; 1 s/d 11, Th. 2013) dengan metode simak bebas libat cakap, dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih dan metode referensial. Hasil analisis disajikan secara informal atau dengan menggunakan kata atau kalimat, bukan variabel terukur diikuti dengan pembahasan terperinci. Hasil analisis menunjukkan, jenis-jenis metafora dikelompokkan menjadi metafora kesehatan dan penyakit, hewan, tanaman, bangunan dan kontruksi, mesin dan peralatan, transaksi ekonomi, makanan, suhu, cahaya dan gelap, kekuatan, gerak/arah. Hasil analisis selanjutnya, berkaitan dengan daya metaforis, yaitu: daya menyangatkan, membuat sebuah konsep mudah dipahami (kognitif), dan daya memperhalus. Daya metaforis menyangatkan terbagi atas menyangatkan kekuatan, ukuran, kualitas, jumlah, dan waktu. Selain kedua hasil analisis itu, peneliti juga menemukan relevansi ungkapan metaforis dengan budaya Jawa, yang meliputi: istilah khusus yang digunakan orang Jawa, filosofi orang Jawa, tradisi, simbol, dan sistem pertanian orang Jawa.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Dr. Deli Nirmala, M. Hum.
Uncontrolled Keywords:Linguistik kognitif, Metafora, Kebudayaan Jawa.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54405
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:22 Jun 2017 14:56
Last Modified:22 Jun 2017 14:56

Repository Staff Only: item control page