PERGESERAN PENGGUNAAN KEIGO KHUSUSNYA PADA PENGGUNAAN HONORIFIC TITLE (呼称)DAN PERUBAHAN HUBUNGAN ATASAN DAN BAWAHAN YANG TERJADI PADA PERUSAHAAN JEPANG

Marion , Elisa Carolina (2013) PERGESERAN PENGGUNAAN KEIGO KHUSUSNYA PADA PENGGUNAAN HONORIFIC TITLE (呼称)DAN PERUBAHAN HUBUNGAN ATASAN DAN BAWAHAN YANG TERJADI PADA PERUSAHAAN JEPANG. In: International Seminar Language Maintenance and Shift III. ISSN: 2088-6799, 2-3 Juli 2013, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
3005Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Bahasa Jepang memiliki salah satu keunikan yaitu dimana terdapatnya ragam bahasa sopan atau keigo. Namun dikarenakan globalisasi, beberapa perubahan dalam hal budaya, bahasa maupun manajemen perusahaan tidak dapat dihindari oleh negara Jepang. Banyaknya kaum muda Jepang yang menuntut ilmu ke luar negeri dan disisi lain, banyaknya orang asing yang berdatangan ke Jepang baik untuk belajar maupun bekerja merupakan salah satu faktor globalisasi yang mengakibatkan bahwa efek dari internasionalisasi terhadap bahasa Jepang merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Menurut data dari dari Institute of Labor Administration of Japan, pada tahun 1995 sebanyak 34% perusahan di Jepang dengan lebih dari 3000 pekerja menerapkan kebijakan dimana di dalam perusahaan tidak lagi menggunakan bentuk sapaan honorific job title (呼称) dan pada tahun 2001 naik menjadi 59%. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pergeseran penggunaan bentuk sapaan dalam Bahasa Jepang yaitu honorific job title (呼称)yang terjadi di perusahaan Jepang terhadap hubungan antara atasan-bawahan yang ada di dalamnya.Honorific job title atau 呼称merupakan salah satu bentuk sopan yang digunakan untuk menyapa atasan. Cara memanggil atau bentuk sapaan terhadap atasan diikuti dengan jabatan yang diemban, seperti: “Mr. Sumitomo” menjadi “Sumitomo Buchou”. Buchou dalam struktur perusahaan Jepang mengacu pada posisi kepala bagian. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif analitis dengan menyebarkan kuisioner pada karyawan perusahaan Jepang dan metode kepustakaan. Kesimpulan sementara adalah pergeseran penggunaan bahasa sopan yang terjadi dalam masyarakat Jepang menunjukkan perubahan yang terjadi di dalam masyarakatnya. Penggunaan bentuk sapaan dalam bentuk honorific job title(呼称)mengakibatkan perubahan hubungan sosial yang terjadi di masyakarat Jepang khususnya dalam konteks atasan-bawahan (上) dalam perusahaan.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:pergeseran, honorific job title, 呼 称 , hubungan sosial, atasan-bawahan
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54376
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:21 Jun 2017 14:14
Last Modified:20 Feb 2018 10:28

Repository Staff Only: item control page