PENGARUH SUPLEMENTASI ALFA TOKOFEROL TERHADAP STOMATITIS TERKAIT KEMOTERAPI PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA INVASIF(Studi pada penderita kanker payudara invasif yang diberi kemoterapi)

Hartanto, Bernardus Ryan and Budijitno , Selamat (2017) PENGARUH SUPLEMENTASI ALFA TOKOFEROL TERHADAP STOMATITIS TERKAIT KEMOTERAPI PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA INVASIF(Studi pada penderita kanker payudara invasif yang diberi kemoterapi). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
602Kb
[img]
Preview
PDF
125Kb
[img]
Preview
PDF
289Kb

Abstract

Latar Belakang: Kemoterapi adalah salah satu tatalaksana yang sering dipilih dalam pengobatan kanker karena terbukti memperpanjang survival rate pasien. Stomatitis adalah efek samping yang tidak jarang ditemukan dan cukup serius. Selain vitamin C, Alfa tokoferol juga sangat poten dalam melindungi sel dari stress oksidatif dan kerusakan sel karena sifat antioksidannya. Tujuan: Membuktikan adanya efek pemberian Vitamin E pada penderita kanker payudara invasif terhadap stomatitis terkait kemoterapi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pretest- posttest control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan Vitamin E dan kelompok yang diberikan plasebo, dengan randomisasi sederhana yang dilaksanakan di RSUP Dr. Kariadi. Sampel penelitian adalah wanita penderita kanker payudara invasif yang sedang menjalani program kemoterapi antara siklus kedua dan keempat dengan keluhan stomatitis terkait kemoterapi (n=26) yang diberikan pretest, lalu diberi suplementasi Vitamin E, kemudian diberikan postest. Skor Stomatitis setelah suplementasi Vitamin E dianalisis menggunakan uji Kendall’s tau – b. Hasil: Di antara kedua kelompok, skor stomatitis pada kelompok terapi menunjukan hasil yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Pada tes Kendall’s tau-b menunjukan hasil yang bermakna dengan p=0,032. Kesimpulan: Terdapat perbaikan skor stomatitis terkait kemoterapi pada penderita kanker payudara invasif pada kelompok yang diberikan Vitamin E. Kata kunci: Alfa Tokoferol, Vitamin E, suplementasi, skor stomatitis, kanker payudara, kemoterapi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:54334
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:20 Jun 2017 14:05
Last Modified:20 Jun 2017 14:05

Repository Staff Only: item control page