Mawadah, Ade Husnul (2013) PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI ALAT PEMERTAHANAN BUDAYA BANGSA. In: International Seminar Language Maintenance and Shift III. ISSN: 2088-6799, 2-3 Juli 2013, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF 2994Kb |
Official URL: http://lamas.undip.ac.id
Abstract
Iklan layanan masyarakat menjadi penting dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah. Sejak otonomi daerah, iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah banyak menggunakan bahasa daerah. Salah satunya adalah di Kota Serang Provinsi Banten. Pada makalah ini dibahas dua iklan layanan masyarakat yang dipublikasikan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Serang. Kedua iklan layanan masyarakat tersebut menggunakan bahasa Jawa Banten. Hal ini merupakan bentuk penyampaian informasi dan imbauan kepada masyarakat dengan menggunakan pendekatan kultural. Pesan pemerintah disampaikan menggunakan pendekatan budaya melalui pemanfaatan bahasa daerah. Salah satu tujuannya adalah menunjukkan kedekatan antara pemerintah dengan rakyatnya. Iklan tersebut sesungguhnya efektif untuk menjaga bahasa daerah dari kepunahan di antara derasnya serbuan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Kepunahan bahasa daerah dapat berdampak pada nilai-nilai sosial dan budaya yang dibawa karena nilai-nilai tersebut menyampaikan cita-cita masyarakat untuk hidup bersama dan mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, penggunaan bahasa daerah dalam iklan layanan masyarakat harus didukung oleh semua pihak untuk menghindari hilangnya nilai-nilai lokal sebagai identitas masyarakat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Bahasa Jawa Banten, Pemertahanan Budaya, Identitas Budaya |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 54320 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Jun 2017 09:55 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 14:55 |
Repository Staff Only: item control page