Mulyadin, Taufik (2012) INDUSTRI KREATIF, ANAK MUDA DAN BASA SUNDA. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF 6Mb |
Official URL: http://lamas.undip.ac.id
Abstract
Basa Sunda (BS) ialah salah satu penanda identitas yang memegang peranan penting bagiurang sunda . Selain berperan sebagai media komunikasi, BS menjadi sebuah representasijati diri urang sunda yang khas. BS memuat nilai-nilai luhur yang dipegangteguh urangsunda sebagai jati dirinya yang meliputi pola-pikir, pola-sikap, dan pola-tindak. Olehkarena itu, sangat penting untuk melestarikan dan mempertahankan BS agar tidak tumpur(punah). Dengan jumlah penutur sebanyak 27 juta jiwa, BS menjadi bahasa daerahterbesar kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Akan tetapi, jumlah penutur yang besartidak menjamin BS menjadi bahasa yang ‘aman’. Bahkan, BS termasuk dalam salah satubahasa daerah di Indonesia yang laju kepunahannya sangat tinggi yaitu mencapai 3.9%.Penggunaan BS di kalangan anak muda khususnya di wilayah urban dianggap yang palingmengkhawatirkan. Mereka cenderung apatis dan antipati pada BS. Tapi lain halnya dengananak muda sunda (AMS) yang masih memiliki kepedulian tinggi pada BS. Mereka sadarakan urgensi BS dan berupaya untuk menjaga eksistensinya terutama di kalangan merekasendiri. Langkah awal untuk membangun kesadaran akan BS ialah mengubah citra BS yangcenderung negatif. AMS berinisiatif untuk melakukan gerakan cinta BS secara independendengan menggunakan media industri kreatif terutama pada fesyen, musik dan kuliner.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | industri kreatif, anak muda sunda, urang sunda dan Basa Sunda |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 54266 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 16 Jun 2017 15:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2018 10:06 |
Repository Staff Only: item control page