MENDADAK “BAHASA INDONESIA”: DAYA ILOKUSIONER DALAM TUTURAN M. TABRANI IHWAL USULAN NAMA BAHASA PERSATUAN

Irfan , Syihabul (2012) MENDADAK “BAHASA INDONESIA”: DAYA ILOKUSIONER DALAM TUTURAN M. TABRANI IHWAL USULAN NAMA BAHASA PERSATUAN. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Pada mulanya Bahasa Melayu (BM) akan ditetapkan sebagai bahasa persatuan Indonesia dalam Ikrar Pemuda (IP) pada Kongres Pemuda Pertama (KPP) tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926. Penggunaan istilah “Bahasa Indonesia” (BI) belum diusulkan. Hingga M. Tabrani mengajak tim perumus KPP merubah penamaan BM dengan menggunakan istilah BI. Kajian ini menguraikan bagaimana daya ilokusioner pada tuturan usulan tersebut beserta aspek pragmatik lainnya dalam penggalan cerita M. Tabrani perihal perubahan nama bahasa persatuan. Dalam penggalan teks naratif itu, M. Tabrani menciptakan daya ilokusioner melalui pemanfaatan sejumlah IFID (Illocutionary Force Indicating Device). Penggunaan IFID itu membantu dalam mengenali beberapa tipe ujaran: performatif berpagar, performatif keharusan, pernyataan keinginan, rumusan saran, dan isyarat kuat. Pemanfaatan sejumlah tipe ujaran yang menghindari pernyataan berbentuk modus imperatif tersebut menunjukkan kecakapan dan kemahiran M. Tabrani dalam mengajak tim perumus untuk menyetujui pendapatnya. Tindak tutur M. Tabrani tersebut dinilai berdampak luas mengingat pengaruh dari daya ilokusionernya adalah penyepakatan BI sebagai bahasa persatuan yang kemudian diikrarkan dalam Sumpah Pemuda (SP) pada Kongres Pemuda Kedua (KPK) tanggal 27-28 Oktober 1928. Pentingnya tindak tutur tersebut juga dinilai dari kemungkinan implikasinya; pertama, apabila rumusan Muh. Yamin yang diterima, maka bahasa persatuan Indonesia adalah BM; atau kedua, apabila usulan M. Tabrani segera diterima pada KPP, maka SP tidak bertanggal 28 Oktober 1928 melainkan 2 Mei 1926.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Bahasa Indonesia (BI), Bahasa Melayu (BM), daya ilokusioner, Kongres Pemuda Pertama (KPP), Kongres Pemuda Kedua (KPK)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54265
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:16 Jun 2017 15:09
Last Modified:23 Feb 2018 10:05

Repository Staff Only: item control page