THE PATTERNS OF CODE SWITCHING IN TEACHING AND LEARNING KITAB KUNING AND ITS IMPLICATIONS TO THE JAVANESE LANGUAGE MAINTENANCE

Nafisah, Saidatun (2012) THE PATTERNS OF CODE SWITCHING IN TEACHING AND LEARNING KITAB KUNING AND ITS IMPLICATIONS TO THE JAVANESE LANGUAGE MAINTENANCE. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Alih kode dapat terjadi pada unit keluarga, kelompok sosial, juga dalam pengajaran/pembelajaran di kelas. Tulisan ini mendeskripsikan pola alih kode pada pengajaran kitab kuning yang dalam prakteknya, setidaknya terdapat tiga kode bahasa digunakan secara bergantian, yaitu bahasa Arab, bahasa Jawa ragam lawas dan yang umum dipakai, serta bahasa Indonesia. Kitab kuning lazim digunakan di lingkungan pesantren, madrasah dan sekolah berbasis Islam, khususnya di Jawa. Pola pemakaian bahasa dalam pengajaran kitab kuning ini menarik untuk dikaji. Pengajaran ini mengandung implikasi positif terhadap pemertahanan bahasa Jawa, khususnya pada ragam lawas. Ragam tersebut mendapat ruang untuk tetap hidup melalui pengajaran kitab kuning.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Pola Alih Kode, Kitab Kuning, Pemertahanan Bahasa Jawa
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54248
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jun 2017 11:38
Last Modified:23 Feb 2018 09:31

Repository Staff Only: item control page