LINGKUNGAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Kustiati , Peni (2012) LINGKUNGAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Mengamati suatu komunitas kecil di lingkup perkotaan di Semarang, ada yang menarikuntuk disimak, yakni mengenai penerapan pola pendidikan anak dengan memberi batasanbatasan di lingkungan anak-anak tersebut dari orang tua masing-masing. Batasan-batasanyang diterapkan berawal dari pola berbahasa sehari-hari dalam berkomunikasi denganlingkungan sekitarnya. Disini akan terlihat bagaimana penelitian ini mengungkapkan keanekaragaman bahasa yang dipakai oleh suatu komunitas kecil dari keluarga sampai kekomunitas sekolah dari masing-masing keluarga tersebut. Pemakaian bahasa Indonesiayang secara tidak langsung ‘tidak didominasikan” dalam sebuah keluarga, dapatdisimpulkan bahwa bahasa Indonesia sudah akan terekam dan terpakai dengan sendirinya di dalam komunitas formal maupun non-formal seperti sekolahan ataupun lembagapendidikan ataupun dalam komunitas sosial dari anak –anak tersebut.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:komunitas, dominasi.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54228
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jun 2017 14:37
Last Modified:23 Feb 2018 09:16

Repository Staff Only: item control page