HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI DENGAN BERAT LAHIR BAYI (STUDI PADA IBU HAMIL ANEMIA DI PUSKESMAS BULU, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH TAHUN 2017)

PRATIWI, HANI NOVITA SARI (2017) HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI DENGAN BERAT LAHIR BAYI (STUDI PADA IBU HAMIL ANEMIA DI PUSKESMAS BULU, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH TAHUN 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

Anemia pada kehamilan adalah kondisi ibu dengan kadar hemoglobin <11 gr %. Dampak dari kehamilan dengan anemia yaitu dapat meningkatkan risiko BBLR. Salah satu penyebab BBLR adalah asupan gizi selama hamil yang kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan asupan zat gizi dengan berat lahir bayi pada ibu hamil anemia di Puskesmas Bulu, Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat analitikal dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 45 ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi, namun terdapat 1 ibu hamil yang mengalami kejadian bayi lahir mati sehingga jumlah sampel berkurang menjadi 44 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan formulir FFQ-Semi Quantitative dan dianalisis dengan menggunakan uji Rank Spearman dan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Konsumsi Energi responden tergolong kurang (45,5%). Tingkat Konsumsi Protein responden tergolong sangat kurang (47,7%). Tingkat Konsumsi Karbohidrat responden tergolong defisit (59,1%). Tingkat Konsumsi Lemak responden tergolong defisit (50%). Asupan Vitamin D dan Kalsium tergolong kurang (95,5%). Asupan asam folat, zat besi, dan zink tergolong kurang (100%). Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan seluruh asupan zat gizi dengan berat lahir bayi pada ibu hamil anemia di Puskesmas Bulu. Penelitian ini merekomendasikan ibu hamil untuk dapat meningkatkan asupan zat gizi sehingga kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh terpenuhi dan saran bagi penelitian selanjutnya yaitu perlunya analisis mengenai aktivitas fisik ibu hamil dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi berat lahir bayi Kata Kunci: Temanggung, Ibu Hamil Anemia, Berat Lahir Bayi,Asupan Zat Gizi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:54202
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jun 2017 09:43
Last Modified:15 Jun 2017 09:43

Repository Staff Only: item control page