Pemanfaatan Tepung Daun Kiambang (Salvinia molesta) sebagai Komponen Ransum terhadap Kandungan Logam Berat pada Daging Ayam Kampung (The Utilization of Kiambang (Salvinia molesta) Flour Weeds as Component’s Feed to The Heavy Metals Content of Free-Range Chicken Meat)

SABRINA, Fahdain and DWILOKA, Bambang and SARENGAT, Sarengat (2014) Pemanfaatan Tepung Daun Kiambang (Salvinia molesta) sebagai Komponen Ransum terhadap Kandungan Logam Berat pada Daging Ayam Kampung (The Utilization of Kiambang (Salvinia molesta) Flour Weeds as Component’s Feed to The Heavy Metals Content of Free-Range Chicken Meat). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
178Kb
[img]
Preview
PDF
264Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

181Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

204Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

573Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat dalam daging ayam kampung, yang diberi pakan mengandung tepung daun gulma Salvinia molesta Rawa Pening. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan September – November 2013 di kandang Ternak Unggas, preparasi sampel dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, dan analisis sampel dilaksanakan di Wahana Laboratorium, Semarang. Materi yang digunakan adalah daging ayam kampung yang diperoleh dari pemeliharaan 100 ekor unsex dengan bobot rata-rata awal sebesar 31,66 g dalam kandang 20 unit flock masing-masing diisi 5 ekor selama 10 minggu, pakan yang diberikan yaitu jagung, tepung bungkil kedelai, bekatul, tepung ikan, minyak, kapur, premix, lysin, methionin dan tepung S. molesta. Pengujian logam berat Pb, Cd, Hg, As, Cu, Fe, dan Zn dilaksanakan dengan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 2 ulangan. Analisis statistik yang digunakan adalah Analysis of Variance (Anova) pada taraf kepercayaan 5%. Jika terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan Uji Wilayah Ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan perlakuan pada ayam kampung nyata berpengaruh (P<0,05) terhadap kadar Pb, Cd, Hg, As, Cu, Fe, dan Zn pada daging ayam kampung. Jika hasil analisis logam berat Pb, Cd, Hg, As, Cu, Fe, dan Zn dibandingkan dengan Standar Nasional Indonesia (2009) dan Departemen Kesehatan Republik Indonesia (1998) logam berat Pb 0,1904 ppm, Cd 0,322850 ppm, Hg 0,0078ppm, As 0,14865 ppm, Cu 0,6327 ppm, Fe 26,05475ppm, dan Zn 26,00210 ppm masih dibawah ambang batas. Simpulan penelitian ini adalah Pb, Cd, Hg, As, Cu, Fe, dan Zn meningkat akumulatif dalam daging pada setiap perlakuan penggunaan S. molesta hingga 18% dalam ransum, namun pada penggunaan hingga 18% kandungan Pb, Cd, Hg, As, Cu, Fe, dan Zn masih di bawah standar.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54148
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Jun 2017 09:22
Last Modified:13 Jun 2017 09:22

Repository Staff Only: item control page