ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN TEMPAT PERSALINAN TAHUN 2016 (STUDI DI WILAYAH PUSKESMAS PERAWATAN SUBAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT)

PRIHATIN, TITIN (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN TEMPAT PERSALINAN TAHUN 2016 (STUDI DI WILAYAH PUSKESMAS PERAWATAN SUBAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Tempat persalinan menjadi salah satu faktor risiko munculnya komplikasi persalinan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat persalinan di non fasilitas kesehatan (rumah) di wilayah Puskesmas perawatan Suban masih tinggi 74.65%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan tempat persalinan di wilayah Puskesmas Perawatan Suban Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional, dengan populasi ibu bersalin pada bulan januari- oktober 2016 sebanyak 442. Sampel sebanyak 80 ibu bersalin diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan 83,8% responden memilih rumah sebagai tempat persalinan, pendidikan terbanyak pada tingkat pendidikan dasar 61,2%, pendapatan keluarga terbesar ≥ UMR yaitu 60%,pengetahuan terbanyak pada penegtahuan baik 66,2%, Sikap lebih banyak pada sikap positif 56,2%, dukungan keluarga lebih banyak pada ada dukungan 60%. Variabel yang mempunyai hubungan yang bermakna dengan pemilihan tempat persalian adalah variabel pendidikan (p value 0,031) dan dukungan keluarga (p value 0,004).Variabel yang tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan pemilihan tempat persalian adalah pengetahuan (p value 0,569), sikap (p value 0,909) dan pendapatan keluarga (p value 0,665). Program yang sudah ada perlu dikembangkan untuk mendukung pemilihan persalinan di fasititas kesehatan sebagai tempat persalinan dengan mengoptimalkan penyuluhan, kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan dan peningkatan dukungan keluarga atau suami serta melengkapi sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan Kata Kunci: .Pemilihan tempat persalinan, dukungan keluarga

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:54134
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jun 2017 11:38
Last Modified:12 Jun 2017 11:38

Repository Staff Only: item control page