Tatalaksana Pemeliharaan Penggemukan Sapi Bali Di PT. Prisma Mahesa Unggul Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang Kab. Bogor Jawa Barat

WHYNARSO, Eko and PURNOMOADI, Agung (2014) Tatalaksana Pemeliharaan Penggemukan Sapi Bali Di PT. Prisma Mahesa Unggul Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang Kab. Bogor Jawa Barat. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
508Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
175Kb
[img]
Preview
PDF
271Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

197Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

796Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1376Kb

Abstract

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ditulis berdasarkan pelaksanaan serangkaian kegiatan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 03 Febuari 2014 sampai 15 Maret 2014 di PT. Prisma Mahesa Unggul. PKL ini bertujuan untuk mengetahui tata laksana pemeliharaan penggemukan sapi Bali yang diterapkan di PT. Prisma Mahesa Unggul desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor Jawa Barat. Materi yang digunakan dalam PKL ini adalah sapi potong yang terdapat di peternakan tersebut dengan sampel sebanyak 5 ekor sapi Bali. Alat yang digunakan adalah timbangan, meteran, kamera, dan alat tulis. Metode yang digunakan adalah survey dengan pengamatan terhadap kegiatan dan berpartisipasi aktif. Data primer diperoleh melalui wawancara, diskusi, pengamatan dan pencatatan selama PKL. Data sekunder diperoleh dari dokumen dan catatan yang ada di PT. Prisma Mahesa Unggul. Hasil yang diperoleh dari PKL adalah kebutuhan nutrisi sapi Bali terpenuhi, tetapi PBBH yang dihasilkan masih rendah. PBBH yang dihasilkan sebesar 0,28 kg. Konversi pakan yang dihasilkan sebesar 22,46. Efisiensi pakan yang dihasilkan sebesar 4,45%, sedangkan feed cost/ gain yang dihasilkan sebesar Rp 35.349,25. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tatalaksana pemeliharaan penggemukan sapi Bali yang dilakukan belum berjalan dengan baik, meskipun organisasi dan perkandangan sudah cukup baik. Sistem penggemukan di kandang koloni masih kurang baik. Kualitas pakan yang diberikan sudah baik, akan tetapi PBBH yang dicapai masih rendah, konversi pakan tinggi, efisiensi pakan rendah, dan feed cost/ gain yang tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:54132
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:12 Jun 2017 11:59
Last Modified:12 Jun 2017 11:59

Repository Staff Only: item control page