Pengaruh Lama Periode Brooding dan Level Protein Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Kedu Hitam Umur 10 Minggu (Effect Of Brooding Period and Feed Protein Level On The Carcass Production Black Kedu Chicken 10 Weeks Age)

UTOMO, Budi Wihardyani and SUPRIJATNA, Edjeng and MAHFUDZ, Luthfi Djauhari (2014) Pengaruh Lama Periode Brooding dan Level Protein Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Kedu Hitam Umur 10 Minggu (Effect Of Brooding Period and Feed Protein Level On The Carcass Production Black Kedu Chicken 10 Weeks Age). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
197Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]
Preview
PDF
176Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

217Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

319Kb
[img]
Preview
PDF
1027Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama periode brooding dengan kandungan protein ransum yang berbeda terhadap produksi karkas ayam kedu hitam. Manfaat yang diperoleh yaitu informasi lama periode brooding dan kandungan protein ransum yang optimal untuk ayam kedu hitam sampai umur 10 minggu dalam pemeliharaan intensif di dataran rendah. Materi yang digunakan dalam penelitian ini anak ayam kedu hitam umur satu hari (DOC) sebanyak 108 ekor (unsex) dengan bobot rata-rata 38,52 + 3,28 gram (CV= 4,70). Pakan yang digunakan dalam formulasi ransum adalah jagung, bekatul, bungkil kedelai dan tepung ikan. Ransum percobaan mengandung EM 2800 Kkal/kg serta PK 18%, 20%, 22% sesuai perlakuan dan ransum Finisher dengan PK 16%. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Split Plot. Lama brooding (B) sebagai petak utama terdiri dari B1: lama brooding 1 minggu, B2: lama brooding 2 minggu, B3: lama brooding 3 minggu dan level protein (P) sebagai anak petak terdiri dari P1:18%, P2: 20%, dan P3: 22%. Rancangan dasar yang digunakan adalah RAL terdiri dari tiga ulangan dan tiap unit percobaan terdiri dari 4 ekor. Data yang diperoleh dianalisis ragam dengan uji F dan apabila hasil menunjukkan pengaruh perlakuan yang nyata dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi (P>0,05) antara lama periode brooding dan level protein ransum terhadap produksi karkas. Perlakuan lama periode brooding menunjukkan tidak ada pengaruh nyata (P>0.05) terhadap produksi karkas, namun perlakuan level protein ransum menunjukkan hasil pengaruh nyata (P<0,05). Semakin meningkatnya level protein akan meningkatkan pula bobot hidup, bobot karkas dan persentase karkas ayam kedu hitam umur 10 minggu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lama periode brooding untuk ayam kedu hitam cukup 1 minggu dengan level protein 22% pada saat fase starter.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:54130
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jun 2017 10:59
Last Modified:12 Jun 2017 10:59

Repository Staff Only: item control page