Analisis Karakteristik Entrepreneurship Pada Dua Orang Peternak Itik di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. (The Entrepreneurship Characteristic Analysis of Two Duck Breeders at Ngrapah Village Banyubiru Sub-District Semarang Regency

RAHUTOMO, Bagas and EDDY, Bambang Trisetyo and MARDININGSIH, Dyah (2013) Analisis Karakteristik Entrepreneurship Pada Dua Orang Peternak Itik di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. (The Entrepreneurship Characteristic Analysis of Two Duck Breeders at Ngrapah Village Banyubiru Sub-District Semarang Regency. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
196Kb
[img]
Preview
PDF
97Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
154Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

244Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2001Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2399Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata laksana beternak itik yang baik, karakteristik entrepreneurship peternak itik yang berhasil, dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat baik internal maupun eksternal pada usaha peternakan itik di Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2011 hingga bulan April 2011 di Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang memfokuskan pada interaksi secara langsung, tidak berupa angka, dan tidak menggunakan tahapan dari prosedur statistik maupun cara kuantifikasi lainnya. Melalui penelitian yang dilakukan diketahui, bahwa jumlah populasi peternak itik yang ada di Desa Ngrapah sebanyak 36 orang peternak dengan total populasi ternak itik mencapai 7694 ekor. Metode yang digunakan ialah purposive sampling. Melalui tahapan yang telah dilakukan sebelumnya, maka peneliti memperoleh subjek yang digunakan dalam penelitian, yakni 2 orang peternak sebagai informan yang diteliti secara mendalam, dan 3 orang peternak yang diperoleh secara accidental untuk mengetahui keadaan peternakan itik secara umum. Metode pengumpulan data primer dengan melakukan observasi langsung dan wawancara mendalam kepada peternak itik dengan berpedoman yang telah dibuat sebelumnya, sedangkan data sekunder diperoleh dari dinas dan instansi terkait dalam penelitian. Data yang diperoleh, selanjutnya dideskripsikan sesuai dengan fakta dan keadaan yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan yang diteliti memiliki karakteristik entrepreneurship yang cukup tinggi dibanding dengan peternak itik secara umum, baik dari segi kreatifitas dan inovasi, pengambilan risiko, serta pandangan ke depan dan perencanaan usaha. Faktor pendukung dalam usaha yang dilakukan oleh para informan antara lain: sifat jujur serta ulet dalam menjalankan usahanya; tingkat pendidikan yang cukup baik, sehingga dapat menerima serta memahami ide serta teknologi seputar beternak itik. Faktor penghambat dalam usaha yang dilakukan oleh para informan antara lain: kurangnya usaha untuk meningkatkan daya jual produk yang dihasilkan; kurangnya penyuluhan mengenai kewirausahaan oleh instansi terkait.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:54126
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:12 Jun 2017 09:35
Last Modified:19 Jun 2017 08:21

Repository Staff Only: item control page