DESKRIPSI FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI PERILAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Kualitatif pada Mantan Pecandu Narkotika di Kota Semarang)

KURNIASARI, INDAH (2012) DESKRIPSI FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI PERILAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (Studi Kualitatif pada Mantan Pecandu Narkotika di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Dalam tahun 2001-2006 jumlah kasus narkotika di Indonesia meningkat dari 3.617 kasus menjadi 17.355 kasus, dengan kenaikan rata-rata kasus sebesar 42,4% per tahun. Propinsi Jawa Tengah jumlah kasus mengalami peningkatan dengan peningkatan paling tajam pada tahun 2009 yakni 281 kasus atau meningkat 36%. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut,tetapi prevalensi dan jumlah penyalahgunaan narkotika masih meningkat. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku penyalahgunaan narkotika yang difokuskan untuk mendeskripsikan faktor pengetahuan,sikap, dan kepercayaan subjek tentang narkotika, ketersediaan dan kemudahan subjek memperoleh narkotika, faktor keluarga, teman, dan tetangga yang mendorong atau melatarbelakangi perilaku penyalahgunaan narkotika. Penelitian dilakukan sejak Maret hingga tahun 2012. Pengambilan data dengan wawancara mendalam, subjek penelitian adalah enam orang pecandu narkotika non aktif yang tinggal di Kota Semarang, analisis dengan analisis deskripsi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian mempunyai pengetahuan tentang narkotika yang kurang. SEmua subjek penelitian menganggap dan percaya bahwa dengan menggunakan narkotika akan menyelesaikan permasalahan, menghilangkan bosan, membuat lebih bahagia, lebih gaul, dan percaya diri, akses mendapatkan narkotika mudah, sebagian besar subjek mencoba mengkonsumsi narkotika karena ajakan teman dan sebagian kecil karena ada anggota yang mengkonsumsi narkotika, seorang subjek mengatakan di lingkungan rumah masyarakat punya kebiasaan mengkonsumsi ganja. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang bahaya narkotika, sikap, kepercayaan, askes dan keterjangkuan, dan interaksi antara subjek dengan keluarga, teman, dan lingkungan sosial lainnya mempengaruhi seseorang menyalahkangunakan narkotika. Kata Kunci: narkotika, penyalahgunaan, faktor, pecandu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:54106
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Jun 2017 14:07
Last Modified:08 Jun 2017 14:07

Repository Staff Only: item control page