CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA BETAWI DALAM KOLOM “ALI ONCOM” PADA SURAT KABAR HARIAN POS KOTA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIS

Christania, Devina and Utami , Pradiptia Wulan (2012) CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA BETAWI DALAM KOLOM “ALI ONCOM” PADA SURAT KABAR HARIAN POS KOTA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIS. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Campur Kode Bahasa Indonesia dan Bahasa Betawi dalam Kolom “Ali Oncom” pada Surat Kabar Harian Pos Kota: Kajian Sosiolinguistis”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran data secara sistematis, aktual, dan akurat. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari surat kabar harian Pos Kota periode Mei dan Juni 2012. Masalah yang akan didiskusikan dalam penelitian ini adalah, (1) bentuk-bentuk campur kode yang ditemukan dalam harian pos kota periode Mei dan Juni 2012, (2) makna leksikal dan makna gramatikal bahasa Betawi yang ada dalam campur kode. Pada hasil analisis, banyak diperoleh bentuk campur kode bahasa Betawi dalam penggunaan bahasa Indonesia di Kolom “Ali Oncom”. Bentuk campur kode yang muncul adalah kata dan frasa.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: campur kode, makna gramatikal, makna leksikal
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54093
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:08 Jun 2017 11:55
Last Modified:21 Feb 2018 15:17

Repository Staff Only: item control page