REVITALISASI BUDAYA NGA-DONGENG LEWAT TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA TUTUR (SASTRA LISAN) DIKALANGAN KELUARGA SUNDA MODERN

Prihandini , Asih and Nugraha , Denny (2012) REVITALISASI BUDAYA NGA-DONGENG LEWAT TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA TUTUR (SASTRA LISAN) DIKALANGAN KELUARGA SUNDA MODERN. In: International Seminar Language Maintenance and Shift II. ISSN: 2088-6799, 5-6 Juli 2012, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Dongeng Sunda merupakan bagian dari tradisi dan sastra lisan Nusantara, yang cara penuturannya dilakukan dengan cara diceritakan dari mulut ke mulut dan karenanya mempunyai kelebihan karena disampaikan dengan bahasa sehari hari sehingga pendengar akan akan lebih memahami apa yang disampaikan kepadanya. Namun, disisi lain kualitas pemahaman si penyampai berita (pendongeng) pada isi, makna dan tafsir dongeng bisa tereduksi karena sifatnya yang lisan. Pendengar dongeng sebagai bagian penting dari tradisi lisan juga mengalami perubahan orientasi karena adanya teknologi dan pergeseran generasi termasuk pada keluarga Sunda. Maka, apabila kondisi ini dibiarkan, tidak mustahil sastra lisan dongeng akan kehilangan pendukungnya dan akhirnya musnah. Teknologi informasi terutama teknologi komunikasi cellular merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat pendukung sastra dongeng ini. Perkembangan teknologi yang pesat ini termasuk didalamnya komputer tablet, bisa dijadikan peluang untuk melakukan upaya revitalisasi budaya dongeng pada generasi pendukung selanjutnya.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: dongeng, sastra lisan, teknologi informasi, keluarga Sunda modern
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54083
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jun 2017 10:56
Last Modified:21 Feb 2018 14:48

Repository Staff Only: item control page