PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA ANAK SEKOLAH DASAR PENDERITA OBESITAS DAN STATUS GIZI NORMAL (Studi Penelitian Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 - 5 di SD Nasima Kecamatan Semarang Barat Tahun 2012)

SARI, VERANI PUSPITA (2012) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA ANAK SEKOLAH DASAR PENDERITA OBESITAS DAN STATUS GIZI NORMAL (Studi Penelitian Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 - 5 di SD Nasima Kecamatan Semarang Barat Tahun 2012). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
35Kb

Abstract

Obesitas meningkatkan deposit lemak yang berakibat terhambatnya aliran darah ke otak sehingga otak mengalami kekurangan oksigen. Dalam waktu lama hal ini dapat menimbulkan gangguan belajar dan berdampak pada prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara penderita obesitas dan status gizi normal. Jenis penelitian adalah observasional explanatory dengan desain cross sectional. Populasi penelitian 279 siswa Sekolah Dasar Nasima kelas 3-5. Subjek berjumlah 56 siswa, 28 siswa obes dan 28 siswa gizi normal dipilih secara purposif sesuai kriteria inklusi. Data karakteristik dan motivasi belajar dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur, asupan makanan menggunakan food recall 2x24 jam, dan prestasi belajar diperoleh dari nilai rerata Bahasa Indonesia, matematika, IPA dan IPS. Analisis data menggunakan Independen t – test, Mann Whitney Test, dan Chi Square serta General Linear Models. Hasil penelitian menunjukkan rerata prestasi belajar dan tingkat kecerdasan siswa obes berturut – turut adalah 8,2 ± 0,6 dan 97,6 ± 9,7 sedangkan pada gizi normal adalah 8,0 ± 1,0 dan 95,5 ± 7,8. Motivasi belajar dan kebiasaan sarapan siswa obes berturut – turut adalah adalah 6,0 ± 1,6 dan 25,7 ± 9,8, pada gizi normal 5,5 ± 9,7 dan 27,1 ± 9,7. Motivasi belajar, tingkat kecerdasan, dan prestasi belajar lebih tinggi pada kelompok obes. Kebiasaan sarapan lebih baik pada kelompok gizi normal. Tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa obes dan gizi normal setelah dikendalikan dengan motivasi belajar. Dapat disimpulkan tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa obes dan gizi normal sebelum dan sesudah dikontrol dengan kebiasaan sarapan, motivasi belajar, dan tingkat kecerdasan (IQ) Kata Kunci: Status Gizi, Obesitas, Gizi Normal, Prestasi Belajar, Anak Sekolah Dasar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:54031
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jun 2017 10:59
Last Modified:06 Jun 2017 10:59

Repository Staff Only: item control page