PERAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK DALAM RANGKA MEREVITALISASI DANMEMELIHARA EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DI NEGARA MULTIKULTURAL

Muhammad , Rohmadi (2011) PERAN MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK DALAM RANGKA MEREVITALISASI DANMEMELIHARA EKSISTENSI BAHASA INDONESIA DI NEGARA MULTIKULTURAL. In: International Seminar Language Maintenance and Shift. ISSN: 2088-6799, 2 Juli 2011, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
1189Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Bahasa menunjukkan jatidiri bangsa. Indonesia memiliki bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia yang diakui secara nasional dan internasonal sejak tanggal 28 Oktober 1928. Indonesia sebagai negara multikultural memiliki aneka bahasa, budaya, etnik, dan agama. Penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 220 juta terdiri atas 300 suku dan memiliki lebih dari 750 bahasa. Perbedaan suku, bahasa, dan budaya dapat menjadi keunggulan yang harus disyukuri apabila dapat dikelola dengan baik. Oleh karena itu, dalam rangka merevitalisasi dan memilihara eksistensi bahasa Indonesia diperlukan media yang tepat. Salah satu media untuk menjalankan fungsi tersebut adalah meda cetak dan elektronik. Peran media cetak dan elektronik harus dioptimalkan karena memiliki tingkat penggunaan bahasa Indonesia yang sangat tinggi di dalam masyarakat. Dengan mengoptimalkan peran media cetak dan elektronik, potensi kerja sama guru, dosen, wartawan, pembaca dapat dikembangkan secara sinergi dalam rangka memelihara fungsi, peran, dan pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar di dalam masyarakat multikultural. Hal ini dikuatkan dengan kenyataan bahwa keanekaragaman bahasa, etnik, dan budaya dapat memperkuat persatuan kita sebagai sebuah bangsa yang berwibawa karena eksistensi bahasa dan budayanya. Akan tetapi, keanekaragaman itu dapat pula merupakan titik pangkal terjadinya konflik vertikal maupun horizontal sehingga menyebabkan perpecahan bangsa. Dengan demikian, upaya merevitalisasi bahasa Indonesia melalui media cetak dan elektronik dapat tercapai sesuai dengan cita-cita sumpah pemuda.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:media cetak, elektronik, revitalisasi, bahasa Indonesia, eksistensi.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:54023
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:06 Jun 2017 09:40
Last Modified:06 Jun 2017 09:40

Repository Staff Only: item control page