PERBEDAAN PERKEMBANGAN ANTARA ANAK PRASEKOLAH STUNTING DAN TIDAK STUNTING (STUDI DI PAUD DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK)

Ekawati, Rany (2012) PERBEDAAN PERKEMBANGAN ANTARA ANAK PRASEKOLAH STUNTING DAN TIDAK STUNTING (STUDI DI PAUD DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat karena berhubungan dengan meningkatnya risiko morbiditas dan mortalitas, penurunan perkembangan fungsi motorik dan mental serta mengurangi kapasitas fisik. Usia prasekolah (2-6 tahun) termasuk periode penting dalam tumbuh kembang anak. Prevalensi kependekkan anak balita di Kabupaten Demak sebesar 42,9%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak usia prasekolah yang stunting dan tidak stunting di PAUD Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei dengan disain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebesar 44 anak untuk kelompok stunting dan 44 anak untuk kelompok tidak stunting. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok stunting dengan perkembangan normal sebanyak 9 anak (20,5%), perkembangan meragukan sebanyak 21 anak (47,7%), dan ada penyimpangan sebesar 14 anak (31,8%) dengan rata-rata skor perkembangan sebesar 7,27, SD=1,387. Kelompok tidak stunting menunjukkan perkembangan normal sebanyak 11 anak (25%), perkembangan meragukan sebanyak 29 anak (65,9%), dan ada penyimpangan sebesar 4 anak (9,1%) dengan rata-rata skor perkembangan sebesar 7,86, SD=1,212. Ada perbedaan perkembangan anak prasekolah stunting dan tidak stunting. Perkembangan normal pada kelompok tidak stunting lebih tinggi daripada kelompok stunting Kata Kunci: perkembangan anak, stunting, prasekolah

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53994
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Jun 2017 11:57
Last Modified:05 Jun 2017 11:57

Repository Staff Only: item control page