VARIASI BAHASA RAGAM BAHASA HUMOR DENGAN MENGGUNAKAN UNSURPERILAKU SEIKSIS DI DESA LETEH, REMBANG KAJIAN BAHASA DAN JENDER

Evi Rusriana , Herlianti (2011) VARIASI BAHASA RAGAM BAHASA HUMOR DENGAN MENGGUNAKAN UNSURPERILAKU SEIKSIS DI DESA LETEH, REMBANG KAJIAN BAHASA DAN JENDER. In: International Seminar Language Maintenance and Shift. ISSN: 2088-6799, 2 Juli 2011, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
1133Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Penggunaan bahasa dengan unsur-unsur di luar bahasa dapat dilihat dalam berbagai peristiwa tutur dan dilakukan oleh masyarakat tutur tertentu dengan nilai, norma budaya, dan adat istiadatnya. Beberapa contoh penggunaan bahasa yang sering dilihat dalam masyarakat Desa Leteh, Rembang adalah penggunaan bahasa di warung kopi, tempat tongkrongan anak-anak muda, atau pun obrolan para penjual atau pembeli di pasar dengan menggunakan ragam bahasa humor. Adakalanya humor digunakan oleh pelibat tertentu dengan memanfaatkan perempuan sebagai objek. Dalam peristiwa komunikasi seperti ini sering digunakan bahasa, ungkapan-ungkapan, atau pengandaian dengan perilaku yang mengarah pada pengabaian, perendahan, dan pelecehan terhadap kaum perempuan yang dilakukan oleh laki-laki. Dalam hal ini dapat diasumsikan bahwa bahasa humor tergolong ke dalam bahasa seksis yang berbentuk monologis dan atau dialogis psikoanalitis, sosial, dan persepsi kognitif. Dilihat dari sasarannya, bahasa humor dapat berbentuk humor etnis, humor seksual, dan humor politik. Ada dua teori yang digunakan, yaitu (1) teori humor dan linguistik humor, (2) teori bahasa dan jender, sedangkan konsepyang digunakan untuk menunjang teori tersebut, adalah (1) konsep bahasa seksis dan (2) konsep perilaku seksis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan memakai pendekatan semantik dan semiotik sosial. Metode dan teknik penelitian mencakup tiga tahapan, yaitu (1) metode dan teknik pemerolehan data, (2) metode dan teknik analisis data, dan (3) metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan dua hal yang sesuai dengan permasalahan penelitian, yaitu: 1) Berdasarkan jenis komunikasinya, bahasa seksis yang ditemukan dan digunakan dalam buku humor (komedi) adalah komunikasi monologis dan dialogis. 2) Bahasa seksis yang digunakan dalam humor antara jenis kelamin dengan jenis kelamin tertentu dimaksudkan untuk menjadikan perempuan sebagai objek atau merendahkan, menyepelekan, dan mengesampingkan perempuan yang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara tidak langsung dan secara langsung.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:variasi bahasa, teori humor, bahasa seksis, konsep perilaku seksis
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:53975
Deposited By:S.E. Wahyu Setiabudi
Deposited On:05 Jun 2017 10:32
Last Modified:06 Jun 2017 11:48

Repository Staff Only: item control page