PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERPADU (KOHERENS)

Siregar, Marida Gahara (2011) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERPADU (KOHERENS). In: International Seminar Language Maintenance and Shift. ISSN: 2088-6799, 2 Juli 2011, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF
1116Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Pembelajaran bahasa yang mencakup keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan menyimak adalah masalah yang dihadapi oleh guru Bahasa Indonesia karena hanya mereka saja yang berusaha dalam pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia di sekolah. Padahal jika pembinaan int dilakukan secara terpadu agar siswa dapat memperoleh kemampuan bahasa secara utuh dapat dilakukan secara terpadu oleh semua guru,baik guru Bahasa Indonesia maupun guru non- Bahasa Indonesia, masalah ini dapat diatasi, misalnya melalui pembinaan Bahasa yang harus direncanakan kegiatan apa yang akan dilakukan, oleh siapa,kapan, di mana, kepasa siapa, dan bagaimana, serta capaian apa yang diharapkan (Cooper,1089 dan Rubin ,1975). Hal ini dapat dilakukan dengan cara berpikir yang menekankan interelasi antara keempat aspek secara integral dalam pembelajaran yang bermakna dalam berbagai bidang (Routman ,1991). Keterpaduan itu dapat berwujud sebagai keterpaduan dalam pembelajaran bahasa itu, maupun sebagai kerpaduan dalam lintas kurikulum.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:perencanaan Bahasa dalam pembelajaran terpadu, kurikulum, dan keterampilan berbahasa
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:53962
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jun 2017 15:05
Last Modified:27 Feb 2018 15:21

Repository Staff Only: item control page