BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN OLEH IBU (STUDI KUALITATIF DI DESA NOBOREJO WETAN KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2012)

SARI, RINA NOVITA (2012) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI PADA BAYI USIA 0-6 BULAN OLEH IBU (STUDI KUALITATIF DI DESA NOBOREJO WETAN KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA TAHUN 2012). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

Kebiasaan pemberian makanan sapihan di usia dini banyak dijumpai pada bayi. Banyak faktor yang mempengaruhi praktek ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor pengetahuan, motivasi, ketersediaan pelayanan kesehatan, keterjangkauan pelayanan kesehatan, dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, dukungan dukun bayi dengan pemberian makanan sapihan dini oleh ibu. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Sebagai informan adalah ibu, keluarga ibu, bidan desa, dukun bayi. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan makanan sapihan yang paling umum diberikan yaitu susu formula, air tajin, madu, air putih, pisang, rambutan, bubur, sun, regal, milna. Pengetahuan gizi ibu hanya dalam tingkatan “tahu” dan adanya anggapan bahwa bayi yang menangis sebagai permintaan akan makanan menjadi pendorong pemberian makanan sapihan dini. Alasan ibu memberikan makanan sapihan dini yaitu ibu bekerja, merasa kurang puas kalau bayi hanya diberi ASI, bayi sering menangis/rewel, menginginkan anak menjadi gemuk dan anak mulai susah minum ASI. Penyebarluasan informasi melalui kegiatan penyuluhan di posyandu tidak dilaksanakan secara rutin sehingga promosi tentang ASI eksklusif dan pencegahan pemberian makanan sapihan dini kurang optimal. Akses pelayanan kesehatan mudah terjangkau tetapi informasi kesehatan yang diperoleh ibu dari petugas kesehatan terbatas. Peran keluarga dan faktor ketergantungan terhadap orang tua yang masih sangat besar mendorong ibu untuk memberikan makanan sapihan dini. Peran petugas kesehatan untuk mencegah pemberian makanan sapihan dini tidak cukup efektif karena semua tidak menganjurkan asi eksklusif dan tidak ada dampingan setelah melahirkan. Dukun bayi yang menganjurkan memberikan tambahan susu formula atau bubur bayi mendorong ibu memberikan makanan sapihan dini Kata Kunci: beberapa faktor yang berhubungan, MP-ASI dini, bayi 0-6 bulan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53917
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 May 2017 14:37
Last Modified:31 May 2017 14:37

Repository Staff Only: item control page