Pengaruh Antara Body Condition Score (BCS) Dan Lingkar Panggul Terhadap Litter Size Kambing Jawarandu Di Kabupaten Pemalang. Influence between Body Condition Score (BCS) and Pelvic Ring to Litter Size of Jawarandu Goat in Pemalang

PRASITA, Derra and SAMSUDEWA, Daud and SETIATIN, Enny Tantini (2015) Pengaruh Antara Body Condition Score (BCS) Dan Lingkar Panggul Terhadap Litter Size Kambing Jawarandu Di Kabupaten Pemalang. Influence between Body Condition Score (BCS) and Pelvic Ring to Litter Size of Jawarandu Goat in Pemalang. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]
Preview
PDF
172Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

112Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

406Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

650Kb

Abstract

Pengertian Body Codition Score (BCS) adalah cara untuk mengevaluasi hewan berdasarkan otot dan penutup lemak eksternal. Nilai BCS yang didasarkan pada estimasi visual timbunan lemak tubuh dibawah kulit sekitar pangkal ekor, tulang punggung, tulang rusuk dan pinggul lemak (Hayati et al, 2002). Lingkar panggul berkolerasi positif terhadap kelahiran anak, dalam artian semakin besar lebar pinggul dapat berpeluang melahirkan anak dengan baik. Fungsi panggul pada induk kambing untuk melindungi organ reproduksi dan saat induk kambing mengalami kebuntingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara BCS atau Nilai Kondisi Tubuh dan lingkar panggul dengan jumlah anak kambing Jawarandu dalam satu kali periode. Materi penelitian yang digunakan adalah kambing Jawarandu sebanyak 32 ekor. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Wilcoxon-Mann-Whitney pada BCS terhadap litter size dan Analisis Rancangan Acak Kelompok (RAK) pada lingkar panggul terhadap Litter size. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa BCS dan lingkar panggul tidak berpengaruh terhadap litter size kambing Jawarandu di Kabupaten Pemalang. Saran dari penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan linier tubuh dengan kemampuan reproduksi betina kambing Jawarandu di Kabupaten Pemalang. Kata kunci : Lingkar panggul; body condition score; litter size; kambing Jawarandu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53889
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 May 2017 11:51
Last Modified:30 May 2017 11:51

Repository Staff Only: item control page