Pengaruh Penggunaan Tepung Kayambang (Salvinia Molesta) Dalam Ransum Terhadap Kualitas Fisikokimia Daging Ayam Kampung (The Effects of Salvinia Molesta Flour Weeds to the Physicochemical Quality Of Free-Range Chicken meat)

MULASARI, Septia and DWILOKA, Bambang and SARENGAT, Warsono (2014) Pengaruh Penggunaan Tepung Kayambang (Salvinia Molesta) Dalam Ransum Terhadap Kualitas Fisikokimia Daging Ayam Kampung (The Effects of Salvinia Molesta Flour Weeds to the Physicochemical Quality Of Free-Range Chicken meat). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]
Preview
PDF
56Kb
[img]
Preview
PDF
77Kb
[img]
Preview
PDF
204Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

161Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

696Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1211Kb

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan September–November 2013 di kandang Ternak Unggas, preparasi sampel dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, dan analisis sampel dilaksanakan di Laboratorium Wahana, Semarang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Salvinia molesta terhadap kualitas fisIkokimia daging ayam kampung meliputi tentang Water Holding Capacity (WHC), pH, water activity (aw), dan kadar air. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat khususnya peternak mengenai kegunaan tepung daun Salvinia molesta dalam ransum dan pengaruhnya terhadap WHC, pH, aw, dan kadar air daging ayam kampung. Materi yang digunakan adalah daging ayam kampung yang diperoleh dari pemeliharaan 100 ekor unsex dengan bobot rata-rata awal sebesar 31,66 gram dan koefisien variansi sebesar 10,73% dalam kandang 20 unit flock masing-masing diisi 5 ekor selama 10 minggu, pakan yang diberikan yaitu jagung, tepung bungkil kedelai, bekatul, tepung ikan, minyak, kapur, premix, lysin, methionin dan tepung Salvinia molesta. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan meliputi pemeliharaan DOC sampai dengan pemotongan untuk mendapatkan sampel dan analisis sampel. Model rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan yaitu To= 0%, T1=6%, T2=12%, dan T3=18% tepung daun Salvinia molesta. Ransum hasil dari penyusunan diberikan pada saat periode starter dengan kandungan EM 2900 kkal/kg PK 20% dan periode finisher dengan kandungan EM 2900 kkal/kg dan PK 19%. Pengambilan data yaitu Water Holding Capacity (WHC), pH, water activity (aw), dan kadar air. Data dianalisis menggunakan analisis ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter fisikokimia daging ayam kampung adalah WHC (37,02%-38,04%), pH (6,24-6,31), aw (0,91-0,92), dan kadar air (75,21%-75,75%). Hasil penelitian dengan uji statistik menunjukan bahwa penggunaan daun tepung daun Salvinia molesta tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap kualitas fisikokima daging meliputi WHC, pH, aw, dan kadar air. Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa penggunaan Salvinia molesta dalam ransum tidak mempengaruhi kualitas fisikokimia daging ayam kampung umur 10 minggu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53887
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 May 2017 11:35
Last Modified:30 May 2017 11:35

Repository Staff Only: item control page