Kandungan Pestisida Organoklorin Daging Ayam Broiler yang Diberi Gulma S. molesta Rawa Pening sebagai Campuran Pakan (Organochlorine Content of Broiler Administered with S. molesta Containing Feed of Rawa Pening’s Weed)

MAHACITRA, Rima Adhika and DWILOKA, Bambang and SUKAMTO, Bambang (2014) Kandungan Pestisida Organoklorin Daging Ayam Broiler yang Diberi Gulma S. molesta Rawa Pening sebagai Campuran Pakan (Organochlorine Content of Broiler Administered with S. molesta Containing Feed of Rawa Pening’s Weed). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
479Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]
Preview
PDF
185Kb
[img]
Preview
PDF
171Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

117Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2060Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2614Kb

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah S. molesta hampir menutupi seluruh permukaan perairan di Rawa Pening. Akibat penyebarannya yang relatif cepat dan luas, maka S. molesta dikategorikan sebagai salah satu tanaman pengganggu atau gulma dan menjadi masalah yang cukup serius. Pemanfaatan S. molesta sebagai bahan pakan ternak merupakan salah satu upaya, karena S. molesta ditinjau dari kandungan nutrisinya bisa dikatakan cukup bersaing dengan sumber pakan konvensional. Akan tetapi penggunaan pestisida pada persawahan disekitar Rawa Pening yang kurang terkendali dapat memberikan pencemaran zat kimia berbahaya pada gulma S. molesta Rawa Pening. Apabila S. molesta digunakan sebagai pakan ayam akan berakibat adanya potensi kandungan pestisida pada daging ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian gulma S. molesta Rawa Pening sebagai campuran pakan terhadap kandungan pestisida organoklorin pada daging ayam broiler. Penelitian telah dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2013, bertempat di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Preparasi sampel dilakukan di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Analisis total organoklorin dilakukan di Laboratorium Wahana, Semarang. Sedangkan analisis profil organoklorin dilakukan di Laboratorium Saraswanti Indo Genetech (SIG), Bogor. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging komposit ayam yang diperoleh dari 16 ekor pemotongan ayam, dalam 100 ekor pemeliharaan ayam broiler strain Lohman selama 42 hari dengan bobot rata-rata 1-1,5 kg. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, meliputi tahap persiapan dan pemeliharaan ayam, pemotongan ayam, preparasi sampel, dan analisis dengan alat Gas Chromatography (GC). Rancangan percobaan yang dipergunakan dalam pemeliharaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali (To = ransum dengan S. molesta sebanyak 0%; T1 = ransum dengan S. molesta sebanyak 6 %; T2 = ransum dengan S. molesta sebanyak 12 %; T3 = ransum dengan S. molesta sebanyak 18 %). Analisis total organoklorin menggunakan 16 sampel daging dari 4 perlakuan 4 ulangan acak. Analisis profil organoklorin menggunakan 4 sampel daging dari 4 perlakuan. Data kandungan total organoklorin dianalisis dengan uji F (One Way Anova) pada taraf signifikansi (α) = 0,05. Dilanjutkan dengan uji wilayah ganda

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53885
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:30 May 2017 11:28
Last Modified:30 May 2017 11:28

Repository Staff Only: item control page