Pemberian Acidifier Asam Sitrat dalam Pakan Double Step Down Protein terhadap Retensi Nitrogen dan Performan Ayam Broiler (Addition of Citric Acid Acidifier In Double Step Down Protein Ration on Nitrogen Retention and Performances of Broiler Chicken)

PANGESTI, Tandhya Wulan and Djauhari. M., Luthfi and Mangisah, Istna (2016) Pemberian Acidifier Asam Sitrat dalam Pakan Double Step Down Protein terhadap Retensi Nitrogen dan Performan Ayam Broiler (Addition of Citric Acid Acidifier In Double Step Down Protein Ration on Nitrogen Retention and Performances of Broiler Chicken). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
106Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
257Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

186Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

803Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1169Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian asam sitrat sintetik maupun alami, sebagai acidifier dalam pakan sistem double step down terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan 20 November 2013 sampai dengan 25 Desember 2013 di kandang penelitian Fakultas Peternakan Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI (UNDARIS) Ungaran, Kabupaten Semarang. Materi penelitian terdiri dari ayam broiler MB 202 umur 7 hari sebanyak 168 ekor yang terdiri dari 84 ekor jantan dan 84 ekor betina dengan bobot badan rata-rata 186,23 ± 0,68 (CV = 0,36%). Bahan yang digunakan adalah asam sitrat sintetik, asam sitrat jeruk nipis, vaksin ND, vaksin gumboro, vaksin ND lasota serta pakan perlakuan yang tersusun atas jagung, bekatul, tepung ikan, bungkil kedelai, minyak nabati dan CaCO3. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan, keseluruhan terdapat 28 unit percobaan. Perlakuan dalam penelitian adalah pakan step down yang diterapkan pada fase starter dan finisher yang dikombinasikan dengan asam sitrat sintetik dan jeruk nipis sebagai acidifier. Perlakuan yang diberikan yaitu: P0 = pakan kontrol (tanpa step down dan asam sitrat); P1 = pakan step down protein tanpa asam sitrat; P2 = step down + jeruk nipis 0,8%; P3 = pakan step down protein + asam sitrat sintetik 0,4 %; P4 = pakan step down protein + asam sitrat sintetik 0,8 %; P5 = pakan step down protein + asam sitrat sintetik 1,2 %; dan P6 = pakan step down protein + asam sitrat sintetik 1,6 %. Parameter yang diamati yaitu performan yang terdiri dari konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum serta retensi nitrogen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian asam sitrat sintetik maupun alami berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, konversi ransum, pertambahan bobot badan dan retensi nitrogen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian asam sitrat dengan level 1,2% mampu meningkatkan retensi nitrogen dan performan broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53879
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 May 2017 14:32
Last Modified:29 May 2017 14:32

Repository Staff Only: item control page