Pengaruh Penggunaan Gathot (Ketela Terfermentasi) dalam Ransum terhadap Kadar Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT) dan Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT) serta Bobot Relatif Hati Ayam Broiler

MASLIKAH, Lilik and SUGIHARTO, Sugiharto and ISROLI, ISROLI (2016) Pengaruh Penggunaan Gathot (Ketela Terfermentasi) dalam Ransum terhadap Kadar Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT) dan Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT) serta Bobot Relatif Hati Ayam Broiler. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
202Kb
[img]
Preview
PDF
88Kb
[img]
Preview
PDF
191Kb
[img]
Preview
PDF
184Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

181Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

446Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

470Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh penggunaan Gathot (Ketela Terfermentasi) dalam ransum terhadap SGOT, SGPT dan bobot relatif hati ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2015 di kandang Unggas, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang, analisis total SGPT dan SGOT dilaksanakan di Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah ayam broiler unsex strain Lohmann sebanyak 160 ekor yang dipelihara 35 hari. Bahan ransum yang digunakan Gathot, jagung kuning, bekatul, bungkil kedelai, Poultry meat meal (PMM), tepung ikan, pollard dan topmix disusun menjadi ransum dengan kadar Protein 20% dan Energi metabolism 3000 kkal/kg. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan 8 ekor ayam tiap ulangan. Ransum perlakuan meliputi T0= Ransum kontrol; T1= Ransum yang mengandung tepung gathot 2,5%, T2= Ransum yang mengandung tepung gathot 5% dan T3= Ransum yang mengandung tepung gathot 10%. Parameter yang diamati adalah Kadar Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT) dan Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT) serta Bobot Relatif Hati Ayam Broiler. Data hasil penelitian diolah secara statistik dengan analisis ragam dan apabila ada pengaruh nyata antar perlakuan dilakukan uji wilayah ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gathot dalam ransum tidak ada pengaruh (P>0,05) terhadap Kadar SGOT, SGPT dan Bobot relatif hati ayam broiler. Kadar SGOT tertinggi T0 (255,34 U/L) dan terendah T3 (232,22 U/L). Kadar SGPT tertinggi T2 (20,70 U/L) dan terendah T0 (20,60 U/L). Bobot relatif hati tertinggi T3 (3,14%) dan terendah T0 (2,47%). Kesimpulan penelitian adalah penggunaan gathot dalam ransum sampai dengan level 10% tidak meningkatkan kadar SGOT dan SGPT dalam darah, sehingga tidak mempengaruhi fungsi hati ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53877
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 May 2017 14:17
Last Modified:29 May 2017 14:17

Repository Staff Only: item control page