Perbedaan Intensitas Berahi Generasi Pertama dan Kedua Sapi Hasil Persilangan Simmental-Peranakan Ongole di Desa Plososari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal (The Differences of Estrus Intensity on First and Second Generation Cross Breed Simmental-Ongole Cattle at Plososari-Kendal District)

PRAHESTI, Isti and ONDHO, Yon Soepri and SAMSUDEWA, Daud (2015) Perbedaan Intensitas Berahi Generasi Pertama dan Kedua Sapi Hasil Persilangan Simmental-Peranakan Ongole di Desa Plososari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal (The Differences of Estrus Intensity on First and Second Generation Cross Breed Simmental-Ongole Cattle at Plososari-Kendal District). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
292Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
608Kb
[img]
Preview
PDF
249Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

325Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

661Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1815Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tampilan berahi pada sapi Simmental-Peranakan Ongole generasi pertama (F1) dan generasi kedua (F2) yang diberi pakan konsentrat (tampilan saat sedang berahi yaitu dilihat dari vulva, lendir, tingkah laku, ereksi uterus, lama berahi dan siklus berahi). Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 26 ekor sapi SimPO betina yang terdiri dari 13 ekor F1 dan 13 ekor F2. Parameter yang diamati adalah perubahan vulva (warna, suhu dan kebengkakan), kelimpahan lendir, tingkah laku, ereksi uterus, lama berahi dan siklus berahi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tampilan vulva, lendir, tingkah laku dan ereksi uterus terdapat perbedaan nyata antara F1 dan F2. Sedangkan pada parameter lama berahi dan siklus berahi tidak menunjukkan perbedaan nyata antara F1 dan F2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tampilan berahi antara sapi hasil persilangan Simmental-Peranakan Ongole (SimPO) generasi pertama (F1) dengan generasi kedua (F2), bahwa sapi SimPO generasi pertama (F1) mempunyai kualitas berahi yang lebih baik daripada sapi SimPO generasi kedua (F2).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53872
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 May 2017 10:42
Last Modified:29 May 2017 10:42

Repository Staff Only: item control page