PENGELOLAAN DATA PEMANTAUAN WILAYAH SETEMPAT KESEHATAN IBU DAN ANAK (PWS KIA) UNTUK INDIKATOR KESEHATAN IBU (STUDI KUALITATIF TERHADAP BIDAN DESA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MRANGGEN I KABUPATEN DEMAK)

SIAHAAN, LIA LESTARI (2013) PENGELOLAAN DATA PEMANTAUAN WILAYAH SETEMPAT KESEHATAN IBU DAN ANAK (PWS KIA) UNTUK INDIKATOR KESEHATAN IBU (STUDI KUALITATIF TERHADAP BIDAN DESA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MRANGGEN I KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
33Kb

Abstract

PWS KIA adalah alat manajemen untuk melakukan pemantauan program KIA di suatu wilayah kerja secara terus-menerus agar dapat dilakukan tindak lanjut yang cepat dan tepat di dalam penanganan masalah KIA. Cakupan pelayanan KIA di Puskesmas Mranggen I Kabupaten Demak sudah memenuhi target bahkan di atas target, akan tetapi terdapat ketidaksesuaian angka cakupan yang tertulis untuk sasaran yang sama dari laporan Puskesmas dengan Dinas Kesehatan. Agar diperoleh informasi KIA yang berkualitas, diperlukan adanya suatu cara pengelolaan data PWS KIA yang baik dan benar sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program KIA khususnya bagi Bidan desa sebagai petugas yang memperoleh data KIA langsung dari lapangan / masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran pengelolaan data PWS KIA Bidan Desa di wilayah kerja Puskesmas Mranggen I Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi. Subyek penelitian dipilih secara purposif sejumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidan desa tidak mengelola data PWS KIA sesuai dengan langkah pedoman PWS KIA dari Departemen Kesehatan RI. Adanya pelaporan data yang tidak sesuai dengan kenyaataan agar target setiap bulan tercapai. Data di Poskesdes belum dilengkapi grafik PWS KIA dan peta wilayah sasaran setiap bulan. Oleh sebab itu perlu diadakannya pelatihan pengelolaan data PWS KIA Bidan Desa dan sosialisasi pemahaman yang benar terhadap target di dalam cakupan PWS KIA Kata Kunci: PWS KIA, Pengelolaan data

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53852
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:26 May 2017 10:18
Last Modified:26 May 2017 10:18

Repository Staff Only: item control page