FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENGELOLAAN DATA PELAYANAN JAMPERSAL OLEH BIDAN DI KOTA SEMARANG

ANDRIANI, RIKA (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENGELOLAAN DATA PELAYANAN JAMPERSAL OLEH BIDAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Jaminan Persalinan (Jampersal) merupakan salah satu upaya menghilangkan hambatan finansial bagi ibu hamil, Ibu bersalin, Ibu nifas, dan bayi baru lahir terhadap pelayanan kesehatan sehingga dapat menolong akselerasi tujuan MDG’s. Secara administrasi, Bidan berkewajiban melakukan pengelolaan data. Hasil pengelolaan data tersebut menjadi syarat pengajuan klaim. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan beberapa faktor dalam praktik pengelolaan data pelayanan Jampersal oleh Bidan di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan crossectional study. Populasi adalah Bidan yang melakukan pengelolaan data pelayanan Jampersal. Sampel adalah 64 Bidan yang terpilih melalui simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah Uji statistik Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak responden memiliki pengetahuan baik tentang pengelolaan data pelayanan Jampersal (62,5%), sikap baik terhadap pengelolaan data pelayanan Jampersal (59,4%), ketersediaan fasilitas dalam pengelolaan data pelayanan Jampersal baik (85,9%), kemampuan dalam pengelolaan data pelayanan Jampersal yang baik (62,5%), dukungan teman sesama Bidan terhadap pengelolaan data pelayanan Jampersal yang baik (65,6%), dan mendapatkan supervisi pihak Pengelola Jampersal Kota yang baik (57,4%). Hasil uji statistik menunjukkan variabel yang berhubungan dengan praktik pengelolaan data pelayanan Jampersal adalah pengetahuan tentang pengelolaan data pelayanan Jampersal (p=0,0001), sikap terhadap tentang pengelolaan data pelayanan Jampersal (p=0,008), kemampuan dalam pengelolaan data pelayanan Jampersal (p=0,019), dan dukungan teman sesama Bidan terhadap pengelolaan data pelayanan Jampersal (p=0,006). Variabel yang tidak berhubungan adalah ketersediaan fasilitas penunjang dalam pengelolaan data pelayanan Jampersal (p=0,818) dan supervisi pihak Pengelola Jampersal Kota (p=0,636). Disarankan untuk Instansi terkait melakukan supervisi yang terjadwal; menyediakan fasilitas penunjang yang mencukupi; dan pembinaan pada pengumpulan data pelayanan KB pasca salin, pencatatan data kesehatan dan obat, langkah-langkah pengolahan pembersihan dan validasi, dan syarat pengajuan klaim surat rujukan Kata Kunci: Pengelolaan Data, Jampersal, Bidan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53849
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:26 May 2017 10:04
Last Modified:26 May 2017 10:04

Repository Staff Only: item control page