GAMBARAN PERILAKU KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS BLADO II KABUPATEN BATANG TAHUN 2016

Fachrudin, AR and Widyastuti , Rita Hadi (2017) GAMBARAN PERILAKU KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS BLADO II KABUPATEN BATANG TAHUN 2016. Undergraduate thesis, Diponegoro University .

[img]PDF
Restricted to Registered users only

3630Kb

Abstract

Penyakit TB Paru telah menjadi masalah kesehatan dunia. Penemuan kasus baru TB paru masih sering ditemukan di Indonesia. Perilaku keluarga dalam upaya pencegahan penularan TB Paru yang meliputi manajemen lingkungan, PHBS, manajemen nutrisi serta pengobatan TB paru juga mempengaruhi kejadian TB Paru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku keluarga dalam upaya pencegahan penularan TB Paru di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Blado II Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian non-experiment dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah semua anggota keluarga dari pasien TB Paru di tahun 2015 - triwulan II tahun 2016 dengan sampel sebanyak 74 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Data dianalisa menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi. Perilaku keluarga dalam pencegahan TB Paru menunjukkan hamper setengah responden mempunyai perilaku yang cukup. Perilaku pencegahan TB Paru terdiri dari (a) perilaku manajemen lingkungan menunjukkan 43,2% sudah baik, (b) PHBS menunjukkan 44,6% masih cukup, (c) manajemen nutrisi menunjukkan 59,5% sudah baik, dan (d) pengobatan menunjukkan 51,4% sudah baik dalam pencegahan TB Paru. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pihak Puskesmas Blado II lebih meningkatkan penyuluhan pada penderita TB Paru dan keluarga tentang perilaku pencegahan penularan TB paru. Sementara untuk keluarga sebaiknya meningkatkan PHBS dalam tatanan rumah tangga dan memberikan dukungan konkret pada penderita TB Paru dengan mengingatkan untuk minum obat dan melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:53839
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 May 2017 14:29
Last Modified:24 May 2017 14:29

Repository Staff Only: item control page