HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MEKANIK DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Tanderi, Esya Adetia and Kusuma, Tanti Ajoe and Hendrianingtyas, Meita (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MEKANIK DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
401Kb
[img]
Preview
PDF
179Kb
[img]
Preview
PDF
285Kb
[img]
Preview
PDF
294Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

109Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

99Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]
Preview
PDF
1066Kb

Abstract

Latar Belakang : Low Back Pain (LBP) adalah gejala ketidaknyamanan pada daerah punggung bagian bawah yang berupa rasa sakit dan gangguan pada sistem muskuloskeletal terkait. Penggunaan tulang belakang yang berlebih menyebabkan kemampuan fungsional penderitanya terganggu. Penderita LBP mekanik sering merasakan nyeri yang berkaitan dengan aktivitas kerja yang berat dan dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Tujuan Penelitian : Mengetahui adanya hubungan tingkat kemampuan fungsional dan derajat nyeri pada pasien LBP mekanik di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP dr Kariadi Semarang Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan data primer BPFS dan VAS yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh pasien. Subjek penelitian adalah pasien penderita LBP mekanik di Poliklinik Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Kariadi Semarang. Hasil Penelitian : Hasil uji hubungan BPFS dan VAS menggunakan Spearman correlation negatif sangat kuat bermakna (r = -0,920 , p = 0,000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai BPFS akan semakin rendah nilai VAS. Kesimpulan : Rerata pasien LBP mekanik memiliki kemampuan fungsional yang buruk dan derajat nyeri yang sedang hingga buruk.Terdapat hubungan kuat antara kemampuan fungsional dan derajat nyeri pada pasien LBP mekanik di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP dr. Kariadi Semarang. Kata Kunci : Low Back Pain (LBP) mekanik, Kemampuan Fungsional, Derajat Nyeri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:53788
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 May 2017 12:20
Last Modified:22 May 2017 12:20

Repository Staff Only: item control page