Total Koloni Bakteri dan pH Susu Segar Kambing Perah Saanen akibat Dipping Puting Susu Menggunakan Iodosfor (Iodin Povidon+Sorbitol) dengan Konsentrasi yang Berbeda. (The Effect of Teat Dipping by Using Iodosfor (Povidone Iodine+Sorbitol) in Different Concentrations to Total Colony of Bacteria and pH of Fresh Milk on Saanen Dairy Goat)

ULFAH, Syifi and SUPRAYOGI, Teguh Hari and SUDJATMOGO, Sudjatmoko (2016) Total Koloni Bakteri dan pH Susu Segar Kambing Perah Saanen akibat Dipping Puting Susu Menggunakan Iodosfor (Iodin Povidon+Sorbitol) dengan Konsentrasi yang Berbeda. (The Effect of Teat Dipping by Using Iodosfor (Povidone Iodine+Sorbitol) in Different Concentrations to Total Colony of Bacteria and pH of Fresh Milk on Saanen Dairy Goat). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
190Kb
[img]
Preview
PDF
128Kb
[img]
Preview
PDF
188Kb
[img]
Preview
PDF
138Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

305Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1179Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2092Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan dipping menggunakan iodosfor yang dicobakan pada ambing kambing perah Saanen terhadap total koloni bakteri dan nilai derajat keasaman (pH) susu kambing segar. Manfaat yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah mendapatkan suatu informasi tentang konsentrasi iodosfor yang terbaik dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan mempertahankan nilai pH susu segar kambing perah Saanen. Materi yang digunakan meliputi susu segar dari 18 ekor kambing perah Saanen, larutan iodosfor yang mengandung campuran Iodin Povidon dan Sorbitol. Peralatan yang digunakan antara lain panci, botol kaca, ice box, gelas plastik ukuran 50 ml, pH meter, rak tabung beserta tabung reaksi, spuit, Petri Film, spreader, kertas label dan inkubator. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 6 kali ulangan. Perlakuan yang diterapkan adalah T0 (dipping tanpa larutan iodosfor); T2 (dipping dengan larutan iodosfor yang mengandung campuran Iodin Povidon 0,4% dan Sorbitol 0,4%); dan T2 (dipping dengan larutan iodosfor yang mengandung campuran Iodin Povidon 0,8% dan sorbitol 0,4%). Parameter yang diamati dari penelitian ini adalah total koloni bakteri dan pH pada susu segar kambing Saanen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total koloni bakteri susu segar dari T0, T1, dan T2 masing-masing adalah sebagai berikut: 8,08; 6,45; dan 4,30 (105 CFU/ml) (P<0,01). Hasil pengukuran pH susu segar dari perlakuan dipping T0, T1, dan T2 masing-masing adalah 6,53; 6,64; dan 6,68 (P<0,01). Simpulan dari hasil penelitian menyampaikan bahwa dipping dengan menggunakan iodosfor yang mengandung campuran Iodin Povidon dan Sorbitol pada konsentrasi Iodin Povidon 0,4% dan Sorbitol 4% telah terbukti mampu menurunkan cemaran bakteri dan mempertahankan nilai pH susu segar kambing perah Saanen.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53771
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 May 2017 10:44
Last Modified:19 May 2017 10:44

Repository Staff Only: item control page