HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH PERMISSIVE INDULGENT DENGAN ASERTIVITAS PADA REMAJA KELAS VIII DI SMPN 13 CIREBON

Veryski, Lintang and Desiningrum, Dinie Ratri (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH PERMISSIVE INDULGENT DENGAN ASERTIVITAS PADA REMAJA KELAS VIII DI SMPN 13 CIREBON. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
247Kb

Abstract

Asertivitas merupakan kemampuan individu dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan secara langsung dan jelas serta mampu dalam mempertahankan hak-hak pribadi dan tetap menghargai hak- hak serta perasaan dari pihak yang lain. Pola asuh permissive indulgent merupakan sikap orang tua yang sangat terlibat dengan kehidupan anak tetapi sedikit dalam memberikan kendali kepada anak, pengasuhan tersebut diasosiasikan dengan komprehensif sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent dengan asertivitas pada remaja kelas VIII SMP Negeri 13 Cirebon. Populasi penelitian berjumlah 233 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 127 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala dan memiliki daya beda sebesar 0,30. Dari jumlah total 36 aitem, Skala Asertivitas menjadi (25 aitem; α= 0,918) dan demikian pula dari jumlah 32 aitem Skala Persepsi terhadap Pola asuh permissive indulgent menjadi (23 aitem; α= 0,892). Berdasarkan analisis regresi sederhana didapatkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent dengan Asertivitas (rxy=-0,417; p=0,000). Semakin negatif persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent yang dimiliki oleh subjek maka semakin tinggi asertivitas nya. Dan begitu pula sebaliknya. Persepsi terhadap pola asuh permissive indulgent memberikan sumbangan efektif sebesar 17,4% terhadap Asertivitas. Terdapat faktor lain sebesar 82,6% yang berperan namun tidak terungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:53770
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Aug 2017 15:32
Last Modified:14 Aug 2017 15:32

Repository Staff Only: item control page