JENIS, PRINSIP KERJA SAMA DAN PENYIMPANGANNYA TINDAK TUTUR IKLAN PRODUK OTOMOTIF DI SURAT KABAR SUARA MERDEKA

Muchlas, Muchlas JENIS, PRINSIP KERJA SAMA DAN PENYIMPANGANNYA TINDAK TUTUR IKLAN PRODUK OTOMOTIF DI SURAT KABAR SUARA MERDEKA. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.

[img]PDF (skripsi)
66Kb

Abstract

Iklan merupakan salah satu alat komunikasi massa yang dibuat dan di- kreasikan oleh pengiklan dalam rangka menawarkan barang atau jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan tujuan agar tertarik menggunakannya. Iklan produk otomotif di surat kabar Suara Merdeka mempunyai objek sasaran masyarakat yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Dengan penggunaan bahasa yang persuasif diharapkan sasaran iklan tertarik dan mau membelinya.Tuturan iklan produk otomotif dikaji dengan menggunakan pendekatan pragmatik yang digunakan untuk mengkaji jenis tindak tutur dan prinsip kerja sama. Dengan penggunaan kajian pragmatic dalam penelitian ini diharapkan apa yang dimaksudkan pengiklan dalam tuturan iklan dapat diketahui secara jelas oleh pembaca atau calon pembeli. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tindak tutur dan penerapan prinsip kerja sama beserta penyimpangannya yang terjada dalam iklan produk otomotif surat kabar Suara Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahap. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Kemudian data dianalisis secara fungsional dengan teknik kontekstual. Data dikaji dan dianalisis dengan mengunakan teori pragmatik yang meliputi teori tindak tutur dan prinsip kerja sama. Penyajian penjelasan tuturan didukung dengan keterangan gambar yang dimaksudkan untuk memudahkan pemahaman terhadap tuturan iklan. Hasil penelitian yang dicapai bahwa jenis tindak tutur dalam iklan produk otomotif surat kabar Suara Medeka adalah tindak lokusi, tindak ilokusi, tindak perlokusi, tindak tutur langsung, tindak tutur tidak langsung, tindak tutur literal. Penerapan dan penyimpangan prinsip kerja sama terjadi dalam tuturan iklan dibuat gunamenarik perhatian calon pembeli atau konsumen. Ragam bahasa tuturan iklan produk otomotif surat kabar Suara merdeka merupakan perpaduan dua ragam bahasa kreatif yaitu ragam literer dan bisnis yang menghasikan bahasa iklan yang menarik dan indah untuk membangkitkan menat pembaca atau calon pembeli.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:5376
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2010 13:55
Last Modified:28 Jan 2010 13:55

Repository Staff Only: item control page