Populasi Bakteri dan Keberadaan Bakteri Gram pada Pellet Calf starter dengan Penambahan Bakteri Asam Laktat dari Limbah Kubis Terfermentasi

SHOLIKHAH, Sicha Silviani and MUKODININGSIH, Sri and SULISTIYANTO, Bambang (2015) Populasi Bakteri dan Keberadaan Bakteri Gram pada Pellet Calf starter dengan Penambahan Bakteri Asam Laktat dari Limbah Kubis Terfermentasi. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
199Kb
[img]
Preview
PDF
149Kb
[img]
Preview
PDF
164Kb
[img]
Preview
PDF
414Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

315Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

711Kb

Abstract

Penelitian untuk mengetahui populasi bakteri, keberadaan bakteri gram positif dan gram negatif pada pellet calf starter yang ditambahkan bakteri asam laktat dari limbah kubis terfermentasi telah dilakukan pada bulan September – Desember 2014 di Laboratorium Teknologi Pakan Universitas Diponegoro, Laboratorium Ilmu Nutrisi Pakan Universitas Diponegoro dan Laboratorium Mikrobiologi Analis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah bekatul, jagung giling, bungkil kedelai, mineral mix, molasses, limbah kubis fermentasi terdiri dari limbah kubis, gula dan garam, NaCl Fisiologis, media Nutrient Agar (NA), pewarna violet kristal, larutan lugol, air, alkohol 95%, larutan safranin. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah T0 (0% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter), T1 (2% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter), T2 (4% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter) dan T3 (6% limbah kubis terfermentasi + 100% calf starter). Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis ragam dilanjutkan uji ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan populasi bakteri pada pellet untuk T0, T1, T2 dan T3 masing - masing adalah 3,3 x 1010cfu/g; 8,1 x 1010 cfu/g; 5,3 x 1010 cfu/g dan 1,5 x 1010 cfu/g. Populasi bakteri tertinggi terdapat pada penambahan limbah kubis yang difermentasi taraf 2% dan populasi bakteri terendah terdapat pada taraf 6%. Penambahan limbah kubis terfermentasi tidak berpengaruh signifikan (P>0,05) terhadap keberadaan bakteri gram. Keberadaan bakteri gram meningkat dari penambahan limbah kubis yang difermentasi dari taraf 0%, 2% sampai 4% dan konstan pada taraf 6%. Disimpulkan bahwa pada pellet calf starter yang ditambahkan bakteri asam laktat dari limbah kubis terfermentasi terdapat populasi bakteri dan keberadaan bakteri gram positif menguntungkan yang dapat mengurangi keberadaan bakteri gram negatif yang merugikan. Perlu adanya uji biologis guna mengetahui pengaruh pemberian pellet calf starter dengan penambahan limbah kubis terfermentasi terhadap sistem kekebalan tubuh pedet.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53751
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 May 2017 09:27
Last Modified:19 May 2017 09:27

Repository Staff Only: item control page