Massa Kalsium dan Massa Protein Daging pada Ayam Broiler yang diberi Ransum Menggunakan Eceng Gondok (Eichchornia crassipes) Terfermentasi. (Calcium and protein meat mass in broiler chicken fed diet using fermented water hyacinth (Eichchornia crassipes)

RUSMINAH, Rusminah and MAHFUDZ, Luthfi Djauhari and SUTHAMA, Nyoman (2015) Massa Kalsium dan Massa Protein Daging pada Ayam Broiler yang diberi Ransum Menggunakan Eceng Gondok (Eichchornia crassipes) Terfermentasi. (Calcium and protein meat mass in broiler chicken fed diet using fermented water hyacinth (Eichchornia crassipes). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
173Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
195Kb
[img]
Preview
PDF
183Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

111Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

321Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

618Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian eceng gondok terfermentasi dengan Trichoderma ressei terhadap massa kalsium daging, massa protein daging, dan pertambahan bobot badan pada ayam broiler. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2014 dikandang Digesti Laboratorium Ilmu Nutrien dan Pakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Ternak yang digunakan dalam penelitian adalah ayam broiler sebanyak 144 ekor umur 14 hari dengan bobot badan awal 355,91 ± 16,95 g. Ransum tersusun dari jagung kuning, bekatul, bungkil kedelai, pollard, tepung ikan, poultry meat meal, dan meat bone meal, serta eceng gondok terfermentasi (EGT). Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan penggunaan eceng gondok terfermentasi meliputi T0 (0%), T1 (5%), T2 (10%), dan T3 (15%). Parameter yang diukur meliputi protein teretensi, massa kalsium dan massa protein daging, serta pertambahan bobot badan. Data dianalisis ragam dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan eceng gondok terfermentasi dalam ransum nyata (P<0,05) menurunkan protein teretensi, massa protein daging, dan pertambahan bobot badan, tetapi nyata (P<0,05) meningkatkan massa kalsium daging pada ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan eceng gondok terfermentasi dalam ransum maksimal 10% dapat menghasilkan massa protein daging dan pertambahan bobot badan yang lebih baik, diantara perlakuan menggunakan eceng gondok terfermentasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:53750
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 May 2017 09:17
Last Modified:19 May 2017 09:17

Repository Staff Only: item control page