PERBEDAAN ANTARA PRAKTEK PENGGUNAAN APD SEBELUM DENGAN SESUDAH SOSIALISASI SAFETY SIGN PADA PEKERJA SEBUAH INDUSTRI GLASSWARE DI KOTA TANGERANG

MARIYANTO, WAHYU (2013) PERBEDAAN ANTARA PRAKTEK PENGGUNAAN APD SEBELUM DENGAN SESUDAH SOSIALISASI SAFETY SIGN PADA PEKERJA SEBUAH INDUSTRI GLASSWARE DI KOTA TANGERANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
45Kb

Abstract

PT Culletprima Setia adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing glass ware yang memproduksi barang pecah belah yang prosesnya memiliki tingkat risiko yang tinggi. pada bagian produksi sering terjadi kecelakaan yang dipengaruhi faktor lemahnya pengetahuan pekerja untuk mengenali tempat yang berisiko. keadaan tersebut akan menjadi masalah apabila tidak adanya safety sign yang berfungsi sebagai mendia untuk mengingatkan pekerja untuk menggunakan APD pada tempat kerja yang berisiko, sebagai upaya pencegahan secara administratif untuk meminimalisir risiko di tempat kerja. penelitian ini bertujuan untuk mngetahui perbedaan sosialisasi pemasangan safety sign terhadap pengetahuan serta praktik pekerja dalam pengguaan APD. penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 orang dengan sampel sebanyak 65 orang. pengambilan sampel dengan menggunakan metode total sampel. Analisis data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rang untuk mengetahuiperbedaan antara 2 sampel berpasangan.Perbedaan pengetahuan pengetahuan safety sign pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah pemberian sosialisasi, sementara pada kelompok kontrol tanpa pemberian sosialisasi juga mengalami peningkatan Perbedaan pengetahuan pengetahuan APD pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah pemberian sosialisasi, sementara pada kelompok kontrol tanpa pemberian sosialisasi juga mengalami penurunan. Perusahaa disarankan memberikan pengetahuan tentang K3 secara berkelanjutan , yang dimasukan kedalam program pertemuan rutin seperti pada saat brefing produksi bulanan Kata Kunci: sosialisasi, safety sign, Alat Pelindung Diri (APD)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53718
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 May 2017 15:03
Last Modified:10 May 2017 15:03

Repository Staff Only: item control page