FAKTOR-FAKTOR UTAMA PENYEBAB HUMAN ERROR DALAM KECELAKAAN PADA OPERATOR ALAT BERAT BERGERAK DI TAMBANG BAWAH TANAH PT. FREEPORT INDONESIA

PRIMADEWI, TRIANA (2013) FAKTOR-FAKTOR UTAMA PENYEBAB HUMAN ERROR DALAM KECELAKAAN PADA OPERATOR ALAT BERAT BERGERAK DI TAMBANG BAWAH TANAH PT. FREEPORT INDONESIA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Setiap melakukan suatu pekerjaan di tempat kerja, seseorang atau kelompok pekerja berisiko mendapatkan kecelakaan ataupun penyakit akibat kerja. Human error menjadi sebab 80% sampai 90% kecelakaan kerja dan merupakan kontributor utama bagi terjadinya kecelakaan kerja. Di tambang bawah tanah PT. Freeport Indonesia, kecelakaan pada alat berat bergerak merupakan ‘top risk # 1’ dimana angka kejadiannya tinggi. Faktor penyebab kecelakaan tersebut seringkali dihubungkan dengan kesalahan manusia yang menjadi indikasi adanya human error. Human error yang juga berkaitan dengan human factor terjadi dalam serangkaian tahapan yang meliputi threats sebagai latent failure serta situation awareness dan action error sebagai active failure. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor utama penyebab human error yang berkontribusi terhadap kejadian kecelakaan pada operator alat berat bergerak di tambang bawah tanah PT. Freeport Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional study dan bersifat longitudinal restropektif dengan melakukan investigasi menggunakan Human Factors Investigation Tool (HFIT). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 Responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor utama penyebab human error pada masing-masing elemen, yaitu faktor pekerjaan pada elemen threats yang disetujui oleh 24 operator (69%), deteksi dan persepsi pada elemen situation awareness yang dialami oleh 19 operator (54%), serta kegagalan pengelolaan waktu pada elemen action error yang dilakukan oleh 19 operator (54%). Hasil uji statistik dengan chi-square menunjukkan ketiga faktor tersebut tidak memiliki hubungan yang bermakna, namun memiliki pengaruh satu dengan yang lain. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan adanya perbaikan jangka pendek yaitu dengan pengarahan pekerja dan perbaikan jangka panjang yaitu dengan membuat sistem terintegrasi untuk mereduksinya Kata Kunci: Kecelakaan, Human Error, Action Error, Situation Awareness, Threats

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53717
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 May 2017 14:57
Last Modified:10 May 2017 14:57

Repository Staff Only: item control page