ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) MENGGUNAKAN STANDAR PP NO. 50 TAHUN 2012 DI PT. MEKAR ARMADA JAYA

ANDRIYANI, SARI (2013) ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) MENGGUNAKAN STANDAR PP NO. 50 TAHUN 2012 DI PT. MEKAR ARMADA JAYA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka mengendalikan risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efesien, dan produktif. Sesuai dengan PP No. 50 tahun 2012 bahwa setiap perusahaan yang memiliki pekerja lebih dari 100 orang dan atau memiliki potensi bahaya tinggi wajib menerapkan SMK3, PT. Mekar Armada Jaya belum menerapkan SMK3 padahal perusahaan ini termasuk dalam kategori wajib menerapkan SMK3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana kesiapan perusahaan dalam penerapan SMK3. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dengan pendekatan observasional. Wawancara dilakukan kepada pelaksana K3 di perusahaan dan dilakukan triangulasi kepada kepala SHE dan pihak manajemen perusahaan. Hasil penelitan didapatkan bahwa dari 64 kriteria penilaian awal SMK3 hanya ada 2 kriteria yang dapat dipenuhi,sehingga dapat dikatakan bahwa perusahaan masih kurang kesiapannya dalam penerapan SMK3. Kekurangan tersebut terletak pada penetapan kebijakan dan perencanaan K3. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk menerapkan SMK3 yang baik, perusahaan harus menetapkan kebijakan K3, membuat perencanaan K3, melakukan penerapan, pemantauan, peninjauan, dan peningkatan kinerja K3 Kata Kunci: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53700
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 May 2017 09:46
Last Modified:10 May 2017 09:46

Repository Staff Only: item control page