ANALISIS DESKRIPTIF PENILAIAN TINGKAT RISIKO DAN POTENSI BAHAYA PADA PENGERJAAN STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT (TAHAP PENGECORAN) PEKERJA KONSTRUKSI PT. PP PERSERO, TBK (Proyek Pembangunan Condotel dan Apartemen Mataram City, Yogyakarta)

PUTRI, NILAMSARI GOBANO (2013) ANALISIS DESKRIPTIF PENILAIAN TINGKAT RISIKO DAN POTENSI BAHAYA PADA PENGERJAAN STRUKTUR BANGUNAN BERTINGKAT (TAHAP PENGECORAN) PEKERJA KONSTRUKSI PT. PP PERSERO, TBK (Proyek Pembangunan Condotel dan Apartemen Mataram City, Yogyakarta). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Bahaya adalah kondisi, obyek, aktivitas atau peristiwa yang berpotensi menyebabkan kesakitan atau luka pada pekerja, baik berupa kerusakan alat kerja atau strukturnya, maupun kerugian bahan baku. Risiko menggambarkan besarnya potensi bahaya untuk dapat menimbulkan insiden atau cedera pada manusia ditentukan oleh kemungkinan dan keparahan yang diakibatkannya. Menurut Jamsostek pada tahun 2007 tercatat 65.474 kecelakaan yang mengakibatkan 1.451 orang meninggal, 5.326 orang cacat permanen, dan 58.697 orang cedera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi bahaya dan tingkat risiko pada tahap pengecoran pengerjaan struktur bangunan bertingkat PT. PP Persero, Tbk (Proyek Pembangunan Condotel dan Apartemen Mataram City, Yogyakarta). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode pendekatan observasional partisipatif pasif dengan Checklist Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA), dan pedoman wawancara mendalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja konstruksi yang ada dilokasi proyek dan sampel dalam penelitian ini adalah pekerja konstruksi yang bekerja pada pekerjaan pengecoran yang diambil dengan menggunakan metode purposif sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa potensi bahaya yang memiliki tingkat kategori ekstrim terdapat pada pekerjaan tertimpa kepingan material konstruksi, terjatuh dari ketinggian, risiko TC rusak saat proses kerja berlangsung, tertimpa bekisting kolom, Carpal Tunnel Syndrom, dan ISPA, serta asma Kata Kunci: bahaya, risiko, hazard identification and risk assesment

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53657
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:09 May 2017 10:07
Last Modified:09 May 2017 10:07

Repository Staff Only: item control page