ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR KESELAMATAN DAN PEMAKAIAN PERALATAN PANJAT TEBING UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN SPORT CLIMBING (STUDI PADA FPTI JAWA TENGAH)

SUGIARTO, FEBRINA PONGKY (2013) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR KESELAMATAN DAN PEMAKAIAN PERALATAN PANJAT TEBING UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA PADA KEGIATAN SPORT CLIMBING (STUDI PADA FPTI JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
32Kb

Abstract

Secara garis besar panjat tebing dibedakan menjadi dua yaitu Panjat TEbing Alam dan Panjat Tebing Buatan. Panjat Tebing Buatan identik dengan Panjat Tebing Sport atau Panjat Tebing Prestasi yang dikomandoi oleh PFTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia). KArena panjat tebing merupakan aktivitas yang beresiko tinggi maka dirasa perlu melakukan penelitian mengenai standar keselamatan panjat tebing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi standar keselamatan dan pemakaian peralatan panjat tebinguntuk meningkatkan keselamatan kerja pada kegiatan panjat tebing (Studi pada FPTI Jawa Tengah). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif menggunakan metode observasional dengan pendekatan wawancara mendalam dan survey, yaitu pengumpulan data informasi dan membandingkan dengan standar yang sudah ditentukan. Subyek Penelitian ini adalah pemanjat tebing yaitu pemanjat Lead, Pemanjat Speed, dan Pemanjat Boulder. Obyek penelitian inin adalah Standar Keselamatan dan Pemakaian Peralatan Panjat Tebing yang dimiliki oleh FPTI Jawa Tengah. HAsil penelitian ini kemudian dianalisis dengan standar yang telah mereka buat berdasarkan standar dari UIAA (International Mountaineering and Climbing Federation) Kata Kunci: Analisis, Standar Keselamatan Panjat Tebing, Standar UIAA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53649
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 May 2017 14:48
Last Modified:08 May 2017 14:48

Repository Staff Only: item control page