Analisis Postur Kerja dengan Metode Rapid Upper Limb Asessment (RULA) pada Pekerja Kuli Angkut Buah di Agen Ridho Illahi Pasar Johar Kota Semarang

ABDILLAH, FIKRI (2013) Analisis Postur Kerja dengan Metode Rapid Upper Limb Asessment (RULA) pada Pekerja Kuli Angkut Buah di Agen Ridho Illahi Pasar Johar Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Musculoskeletal Disorder (MSDs) adalah keluhan pada bagian-bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan sangat ringan sampai sangat sakit. apabila otot menerima beban statis secara berulang dan dalam waktu yang lama, akan dapat menyebabkan keluhan berupa kerusakan pada sendi, ligament dan tendon. Postur kerja dapat menyebabkan MSDs jika tidak segera dilakukan perubahan postur kerja. untuk itu diperlukan suatu upaya pencegahan dan minimalisasi timbulnya MSDs dilingkungan kerja. Manual Material Handling dapat diukur menggunakan beberapa metode diantaranya Rapid Upper limb Assesment (RULA). Design penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskripstif dan dengan pendekatan observasional. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total populasi dengan jumlah 5 (lima) responden menggunakan metode ergonomic risk RULA. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa postur kerja pekerja harus segera dirubah agar tidak terjadi cidera musculoskletal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh responden berada pada level action yang harus segera dilakukan perubahan postur kerja secepat mungkin Kata Kunci: Postur Kerja, Angkat Angkut, Kelainan Musculoskletal, Rapid Upper Limb Asessment (RULA)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:53640
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 May 2017 13:56
Last Modified:08 May 2017 13:56

Repository Staff Only: item control page