IMPLEMENTASI E-PROCUREMENT TERHADAP TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS DAN KOMPETITAS PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH ( Suatu Tinjauan Yuridis Terhadap Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Di Pemerintah Kabupaten Kebumen)

NANIK, SULISTYOWATI (2012) IMPLEMENTASI E-PROCUREMENT TERHADAP TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS DAN KOMPETITAS PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH ( Suatu Tinjauan Yuridis Terhadap Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Di Pemerintah Kabupaten Kebumen). Masters thesis, Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
112Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi e-procurement terhadap transparansi,akuntabilitas dan kompetitas pengadaan barang/ jasa Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 di Pemerintah Kabupaten Kebumen, dengan pendekatan Yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh melalui wawancara dari responden, dengan didukung data sekunder yang diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan untuk memperoleh bahan hukum primer dan sekunder. Keseluruhan data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengamanan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Kebumen, Manfaat dan Kendala-kendala Pengadaan Barang/Jasa serta Upaya mengatasi Pengadaan Barang/Jasa melalui media elektronik, yaitu dalam lelang elektronik lebih menekankan pada peniadaan pertemuan fisik antara penyedia barang/jasa dengan panitia, diharapkan tidak ada lagi persekongkolan antara penyedia barang/jasa dengan panitia pengadaan,sehingga bermanfaat baik itu bagi penyedia, Panitia dan adanya efisiensi waktu. Upayanya untuk diadakan pelatihan Sumber daya Manusia tentang e-procurement baik untuk penyedia maupun panitia Pengadaan. Dari segi pengamanan selama Pengadaan barang/jasa menggunakan media elektronik masih dalam keadaan aman,karena setiap pendaftar siapapun diperbolehkan ikut sesuai dengan kriteria dan persyaratan, kurangnya pengetahuan terhadap e- procurement, adanya kebijakan yang jelas di tingkat Kabupaten, Sehingga perlu adanya peningkatan sumber daya manusia terhadap penyedia barang/jasa agar lebih memahami menggunakan metode elektronik.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Implementasi e-procurement,Pengadaan barang/Jasa, Transparan Akuntabel,Kompetitif.
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:53572
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:05 May 2017 10:25
Last Modified:05 May 2017 10:25

Repository Staff Only: item control page